Saturday, November 9, 2019

TUHAN DI PIHAK-ku (4) (Mazmur 118)


Tuhan Perlindunganku (Mazmur 91:1-16)
Musa menulis Mazmur 91 yang berbicara tentang perlindungan Tuhan kepada bangsa Israel dalam perjalanan menuju tanah Kanaan. Musa menyadari betapa sukar dan banyaknya rintangan bagi bangsa ini ketika berada dalam padang gurun.
Musa percaya adanya perlindungan dari Yang Maha Tinggi yaitu Tuhan Allah yang lebih besar dari semua rintanga yang harus dihadapi bangsa Israel. Demikianlah pula Allah lebih besar dari tantangan, masalah, rintangan dan pergumulan yang kita  hadapi. Kuasa Allah melebihi apa pun juga yang kita hadapi dan Allah adalah gunung batu, menara perlindungan, kota benteng setiap kita dan Allah adalah tempat perlindungan kita. Kita punya Allah yang luar biasa dan dapat diandalkan. Jangan mengandalkan manusia dalam menghadapi hidup ini tetapi andalkan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan kita.
Bagaimana kita dapat mendapatkan perlindungan dari Tuhan setiap harinya dalam hidup kita? Apa yang harus kita lakukan? Perlindungan itu tidak secara otomatis kita terima tetapi ada sesuatu yang harus kita kerjakan.
1.                  Melekat Kepada Tuhan (Mzm 91:14)
Hati yang melekat (Ibrani : Kasak) kepada Tuhan artinya ada ketertarikan kepada Tuhan, ada rasa jatuh cinta kepada Tuhan. (Mzm 63:8) Sebagai orang-orang yang percaya dengan Kristus jangan sampai hidup kita terpikat dengan hal-hal dunia yang menjauhkan kita kepada Tuhan tetapi miliki hati yang terpikat dengan Allah. Keterpikatan kita dengan hal-hal dunia akan membinasakan setiap kita tetapi saat kita terpikat dengan Tuhan maka akan ada perlindungan yang sempurna yang Tuhan berikan buat setiap kita. Bahkan saat kita istirahat pun Tuhan selalu menyertai kita. Kita tidak dapat berlindung pada manusia, jabatan kita, kekayaan kita tetapi kita hanya bisa berlindung pada naungan Allah yang Maha Tinggi. Biarlah hati kita terus melekat dan terpikat dengan Tuhan.
2.                  Mengenal Nama Tuhan (Mzm 91:14).
Selain hati hati ini harus melekat kepada Tuhan, kita juga harus mengenal nama Tuhan dengan melakukan kehendak ALLAH yang di sorga sehingga dengan demikian Tuhan juga mengenal kita secara pribadi. (Mat 7:21-22). Sekalipun kita sudah melakukan pelayanan dengan luar biasa, Tuhan tidak akan mengenal kita jika tidak melakukan kehendak-Nya. Biarlah setiap kita mengenal Pribadi Tuhan karena Tuhan jauh lebih dalam mengenal kita.
Bahkan kata mengenal (Ibrani : yadah) berarti mengenal secara intim seperti hubungan suami istri. Jika setiap kita ingin mengenal Pribadi Allah lebih lagi, kenali Allah kita lewat Firman-Nya. Rajinlah membaca Firman Tuhan dan berkomunikasi dengan Allah lewat doa agar kita mengenal siapa Allah kita.
3.                  Percaya Kepada Tuhan (Maz 91:2)
Kita harus percaya pada Tuhan. Kata percaya (Ibr: batak) memiliki arti berharap dan mengandalkan Tuhan. (Mzm 119:81; Rat 3:25).. Yakinkan diri kita benar-benar bahwa hanya kepada Tuhan saja yang sanggup melindungi dan menyertai setiap langkah hidup kita. maka di saat ada rintangan dan godaan iblis maka kita dapat terhindar karena pertolongan Tuhan yang tidak pernah terlambat. Kepercayaan kita kepada pertolongan yang dari Tuhan harus melebihi kepercayaan kita kepada orang lain atau rasa percaya diri kita sendiri. Janganlah kita mengandalkan kekuatan kita sendiri atau orang lain karena hal ini justru membuat posisi kita berbahaya karena Tuhan mengutuk kita, sebaliknya kita harus benar-benar percaya dan bersandar kepada Allah saja, dari sanalah sumber pertolongan sejatinya.
4.                  Berseru Kepada Tuhan (Maz 91:15)
Berserulah kepada Tuhan dan Tuhan akan menjawab dengan pertolongan-NYA. Berseru (Ibra : gara) berarti memanggil untuk datang. Jadi saat kita berseru kepada Tuhan maka Tuhan akan datang. (Mikha 3:4). Teruslah hidup benar dihadapan Tuhan dan jagalah hidup kita dalam kebenaran. Yesaya 55:6 berakta “Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!”. Dalam semua kesesakkan hidup janganlah kita menjadi ragu untuk berseru kepada Tuhan, karena ada saatnya Tuhan akan menjawab setiap seruan doa kita.
Apapun masalah kita hari-hari ini berserulah kepada Tuhan karena Tuhan akan memberi perlindungan buat setiap kita. Hari-hari ini kita butuh perlindungan dari Tuhan.
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral:  25 Agustus 2019
Marilah kita menjadi pribadi “SADAR” rohani yaitu dengan memberikan yang terbaik bagi ALLAH dalam segala hal. Sebagai orang yang nyakin bahwa ada Tuhan di pihak kita maka sudah seharusnya kita memiliki hati yang melekat kepada Tuhan, mengenal Tuhan dan percaya kepada-Nya saja, maka bila kita kita menghadapi masalah hidup kita dapat berseru kepada Tuhan yang memberikan kelegaan. 

Winner Voice
Tuhan adalah tempat perlindungan yang teguh bagi yang percaya kepada-NYA.


   Pengakuan Iman
Pembacaan Firman:
"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. (Mazmur 91:14)
1.      Aku sangat merindukan Tuhan dan mengenal-NYA lebih dalam lagi.
2.      Sungguh kerindukanku adalah untuk lebih dekat kepada Tuhan setiap hari.

3.      Aku akan berusaha keras menjaga nama Tuhan dihormati dalam masa hidupku. 

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...