Friday, August 9, 2019

BEKERJALAH (4) (Hagai 2:5-6)


Kerja Buat Tuhan (Kolose 3:23)

Pekerjaan yang kita miliki adalah bagian pelayanan kepada Tuhan, pekerjaan bukan sekedar kewajiban tapi anugerah. Semakin besar pekerjaan yang ada pada kita artinya semakin besar pula anugrah itu. Tidak semua orang punya kesempatan melakukan pekerjaan buktinya masih banyak yang menjadi pengangguran. Bisa bekerja artinya bisa memiliki kesempatan untuk melakukan banyak hal itu merupakan kasih karunia Tuhan. Masih begitu banyak orang yang gelisah karena tidak memiliki pekerjaan dan menunggu kesempatan untuk bekerja sehingga bisa menata hidup, sudah sepatutnya untuk kita bersyukur akan hal ini.
Marilah kita melakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Allah telah memberikan segala sesuatu bagi kita maka marilah kita memberikan apa yang bisa menyenangkan hati-NYA. Setiap pekerjaan pasti berhubungan dengan pelayanan terhadap orang lain sehingga melalui hasil kerja dan pelayanan kita, orang lain menemukan Tuhan dan memuliakan Dia. Seorang pegawai hendaklah melihat orang-orang yang dilayaninya seperti Tuhan sehingga ia melayani dengan ramah dan penuh perhatian serta kasih maka orang yang sedang dalam masalah mendapat ketenangan dan damai dengan pelayanan kita lalu mereka memuliakan Allah.
Apapun pekerjaan kita - lalukan seperti untuk Tuhan, dengan demikian bukan saja orang puas akan hasil kerja kita, tapi kita juga memiliki peluang untuk mencapai posisi yang lebih baik, entah di mata Tuhan, di mata sesama maupun di mata atasan. Jadi yang diuntungkan bukan sekedar orang lain melainkan terlebih kita. Saat pekerjaan dilihat sebagai anugerah yakni anugerah memperoleh penghasilan guna menunjang kebutuhan hidup dan anugerah untuk melayani Tuhan terhadap sesama serta belajar beriman.
Dalam dunia kerja, banyak orang yang tidak peduli dengan campur tangan Tuhan. Tetapi bagi kita akan selalu meyakini bahwa Tuhan berdaulat atas segala sesuatu, termasuk atas pekerjaan. Kita harus tetap beriman bahwa Tuhan tetap bekerja dalam segala sesuatu dan Tuhan bekerja di dalam kita, bukan atas pekerjaan yang kita kerjakan. Tuhan selalu memakai situasi apapun dalam pekerjaan untuk sesuatu yang baik.
Tuhan bekerja lewat pekerjaan kita melalui 6 hal ini:
1. Iman; Tuhan ingin kita hidup untuk Tuhan dan ini adalah panggilan utama kita yaitu memuliakan Tuhan (1Kor 10: 31). Kita bekerja untuk Tuhan bagi kemuliaan-NYA. Memuliakan Tuhan bukan berarti menjalani segalanya dengan mulus, justru di dalam kesulitan dan tekanan kita diajak untuk beriman.
2. Hati; Oleh kasih Tuhan kita melakukan hal-hal yang besar. Ketika kita tergoda untuk menyerah, ingatlah bahwa apa yang kita lakukan itu untuk Tuhan dan bukan untuk manusia (Kol 3: 23). Kita bekerja bukan untuk menyenangkan orang-orang di sekitar kita tetapi untuk kemuliaan Allah. Kita harus kuat hati dalam hal ini.
3. Tangan; Setiap hasil pekerjaan tangan kita harusnya untuk memuliakan Tuhan karena hal itu sebagai persembahan kepada Tuhan (Rm 12: 1). Jika pekerjaan kita tahunya hanya untuk mendapatkan promosi, pengakuan atau posisi yang lebih baik, maka kita akan selalu kecewa. Tuhan layak menerima hasil pekerjaan tangan terbaik kita.
4. Kasih; Bekerja bukan soal apa yang kita kerjakan, tetapi soal bagaimana kita melakukannya. Pekerjaan harus merupakan wujud pelayanan kasih kepada orang lain, sehingga pekerjaan akan menghasilkan buah roh, yaitu sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Gal 5: 22-23).
5. Pikiran; Tuhan memakai pekerjaan untuk mengubah cara pikir kita. Tuhan ingin pola pikir kita diubahkan, sehingga segala yang kita lakukan tidak lagi berdasarkan apa kata dunia atau orang. Memiliki pola pikir yang benar, akan memudahkan kita melakukan pekerjaan yang sesuai dengan kehendak Tuhan.
6. Saksi; Injil menggerakkan kita untuk memberikan dampak (2Kor 10: 13-16). Alasan kita berada di pekerjaan yang kebanyakan tidak mengenal Allah adalah agar Tuhan bisa memakai kita untuk menjadi saksi.
Diberkati untuk mejadi berkat demikianlah rencana Tuhan untuk kita orang yang percaya. Itu pula yang menjadi pokok bekerja buat Tuhan, oleh sebab itu bekerjalah dengan sebaik-baiknya.
Tuhan Yesus memberkati.


Pesan Pastoral:  28 Juli 2019
Marilah kita menjadi pribadi “SADAR” rohani yaitu dengan memberikan yang terbaik bagi ALLAH dalam segala hal.  Marilah kita bekerja sebaik-baiknya hanya untuk Tuhan kita menaruh tanggungjawab. Karena itu kita perlu menaruh nilai-nilai kekristenan dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan

Winner Voice
Bekerja buat Tuhan artinya hidup dalam berkat untuk menjadi saluran berkat.


   Pengakuan Iman
Pembacaan Firman:
Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. (Kolose 3:23)
1.      Semua pekerjaan yang dipercayakan akan aku lakukan semuanya dengan kesungguhan hati.
2.      Semua perkerjaan adalah anugerah Tuhan maka aku mau mengerjakan dengan segenap hati untuk Tuhan.
Sesungguhnya hasil kerja adalah karunia Tuhan maka aku  bertanggungjawab dihadapan Tuhan dan bukan untuk manusia

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...