Saturday, December 1, 2018

Menghadirkan Kerajaan Allah (4)


Akan terjadi pada hari-hari terakhir  —  demikianlah firman Allah  —  bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat. (Kisah Para Rasul 2:17-18)
 “Roh Kudus di Hari-Hari Terakhir”
Menurut nubuat Nabi Yoel, sebagaimana diterapkan Rasul Petrus, baptisan dalam Roh Kudus adalah untuk mereka yang sudah menjadi anggota kerajaan Allah yaitu orang-orang percaya kepada Tuhan Yesus dan menjadi hamba-hamba Allah, yaitu semua laki-laki maupun perempuan yang sudah diselamatkan dan dilahirkan baru sehingga menjadi milik Allah.
Rasul Petrus mengatakan bahwa Allah akan mencurahkan Roh Kudus-Nya pada hari-hari itu. Ini berarti bahwa pencurahan Roh Kudus dan tanda-tanda adikodrati yang menyertainya tidak dapat dibatasi hanya pada hari Pentakosta. Kuasa dan berkat-berkat Roh Kudus adalah bagi setiap orang Kristen untuk diperoleh dan dialami sepanjang zaman gereja, yaitu seluruh waktu di antara kedatangan Kristus yang pertama dan kedua (Why 19:1-20:15)
Janji baptisan dalam Roh Kudus bukan saja bagi mereka yang ada pada hari Pentakosta awal (Kis 2:4), tetapi bagi semua orang yang akan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sepanjang zaman (Kis 2:39).  Baptisan dalam Roh Kudus dengan kuasa yang menyertainya bukanlah suatu peristiwa yang hanya terjadi sekali saja dalam sejarah gereja; peristiwa itu tidak berhenti (Kis 2:38; 8:15; Kis 9:17; 10:44-46; 19:6). Setiap orang Kristen berhak untuk mencari, mengharapkan, dan mengalami baptisan dalam Roh yang sama yang diberikan kepada orang Kristen jaman para rasul (Kis 1:4,8; Yoel 2:28; Mat 3:11; Luk 24:49).  
Rasul Petrus oleh ilham Roh Kudus menyatakan hari-hari terakhir yang dalam Perjanjian Lama ungkapan ini menunjuk kepada zaman Mesias dalam Kerajaan Allah (Yes 2:2; Hos 3:5), maka hidup di akhir jaman merupakan waktu hidup dalam perwujudan berkat-berkat khusus Roh Kudus karena kalau pada zaman Perjanjian Lama, Roh Kudus hanya diberikan kepada orang-orang yang memiliki kedudukan di dalam jajaran teokrasi Israel-raja, imam dan nabi, tetapi sekarang Roh Kudus tinggal di atas semua manusia, yaitu di atas seluruh umat Allah dan bukan hanya para pemimpin saja. Rasul Petrus menegaskan bahwa Roh Kudus kini aktif kembali di dalam suatu manifestasi baru dari rencana penebusan Allah. (Kis 2:18). Manifestasi nubuat yang baru ini lebih merupakan pemberitaan terlebih dahulu tentang karya penebusan oleh Allah melalui Yesus Kristus.
Awal dari jaman akhir ditandai dengan kelahiran Yesus Kristus serta pencurahan Roh Kudus atas umat Allah, dan akan berakhir dengan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua (Mrk 1:15; Luk 4:18-21; Ibr 1:1-2). Saat yang khusus ini digambarkan sebagai zaman penghakiman terhadap kejahatan, kuasa atas setan-setan, keselamatan bagi manusia, dan kehadiran kerajaan Allah. "Hari-hari terakhir" ini akan berlangsung dengan kuasa Roh Kudus (Mat 12:28).  merupakan saat kesaksian yang memanggil setiap orang untuk bertobat, percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan mengalami pencurahan Roh Kudus (Kis 1:8; 2:4,38-40; Yoel 2:28-32). Kita harus menyampaikan karya keselamatan Kristus melalui kuasa Roh Kudus sementara kita menantikan hari akhir murka Allah (Rm 2:5), yaitu, "hari yang besar dan mulia itu" (Kis 2:20). Kita harus hidup dengan siaga dan waspada setiap hari, sementara menantikan hari penebusan dan kedatangan Kristus untuk umat-Nya (Yoh 14:3; 1Tes 4:15-17). Saat itulah saat meresmikan kerajaan Allah yang kini datang dengan seluruh kuasa Sorga.
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral: 20 Mei 2018
Marilah kita menjadi pribadi “SADAR” rohani yaitu dengan memberikan yang terbaik bagi ALLAH dalam hidup ini. Kita telah berada di akhir jaman, sudah tidak banyak waktu lagi maka marilah kita lebih sungguh-sungguh dalam Tuhan Yesus, karena hanya kepada yang bersedia tunduk pada otoritasnya saja yang akan dipakai dan dipenuhi oleh Roh Kudus-Nya. Kiranya Tuhan Yesus menolong kita menghadapi hari-hari akhir ini.    

Winner Voice
Kekuatan rohani dihari akhir adalah dengan kepenuhan ROH KUDUS yang akan memampukan kita tetap kuat dan tampil sebagai pemenang kehidupan.

Pengakuan Iman
Aku tinggal di hari terakhir dan aku memberi diri untuk mendapatkan curahan ROH KUDUS.
Aku menyediakan hati dan pikiran ku agar ROH KUDUS menguasai hidupku seutuhnya dan aku menghamba kepada ALLAH saja.
Aku menyediakan diri untuk dipakai sebagai alat bagi kemuliaan Tuhan Yesus Kristus, bagi keselamatan sebanyak mungkin manusia. Amin

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...