Wednesday, December 20, 2017

KEMENANGAN GILANG GEMILANG (2)



Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.  Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?
(1Yohanes 5:3-5)
Hubungan Kasih mengalahkan dunia
Ketika seseorang menjadi percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan JuruSelamat, sebenarnya hal ini merupakan pekerjaan Allah bukan hanya keputusan pribadi saja (1Yoh 5:1). Ketika percaya pada Tuhan Yesus Kristus maka saat itulah kita lahir baru yaitu dilahirkan menjadi anak-anak Allah yang berarti dipersilakan masuk ke dalam hubungan penuh kasih. Hubungan yang penuh kasih dengan Allah melalui Yesus inilah yang mendorong kita untuk mengasihi saudara seiman, sehingga bukti seseorang mengasihi Allah sebenarnya adalah ketika kita dapat mengasihi saudara seiman dengan tulus tanpa pamrih seperti halnya Kristus mengasihi kita.
Mengasihi saudara seiman berarti mengasihi Allah dan melakukan perintah-perintah-Nya (1Yoh 5:2). Yohanes menghubungkan tiga hal sekaligus yakni mengasihi Allah, melakukan perintah Allah dan mengasihi saudara seiman, jadi ketiganya haruslah ada dalam hidup kita.
Untuk melaksanakan ketiga perintah ini sekaligus, ada langkah-langkah yang harus kita lakukan, perhatikan dan pahami. Pertama, bahwa sebenarnya perintah Allah tidaklah berat, karena beban yang diberikan kepada kita tidak melebihi kemampuan kita. Kedua, berkaitan dengan iman kita. Orang percaya pasti mampu melakukan perintah Allah karena ia memiliki iman yang mengalahkan dunia. Memiliki iman berarti memiliki hubungan intim dengan Yesus Anak Allah (1Yoh 5:5). Tuhan Yesus telah mengalahkan musuh manusia yang paling ditakuti yaitu kematian. Logikanya, jika kematian dapat dikalahkan-Nya apalagi hal-hal lainnya. Yang ketiga, seandainya disaat ini kita berada dalam berbagai penderitaan, kesusahan dan pergumulan berat, bersyukurlah! Karena iman yang kita miliki adalah iman yang mengalahkan dunia, sehingga apapun dapat kita selesaikan dengan kuasa dari pada Tuhan yang memberikan kebebasan.
Kasih kita kepada Allah dan kepada anak-anak Allah memperlihatkan ketaatan kita pada perintah-Nya (1Yoh 5:2). Ini bukanlah tentang bagaimana perasaan kita, tetapi bagaimana kita memiliki hubungan dengan Allah dan umat-Nya. Ukurannya mudah: apakah kita sungguh-sungguh taat pada perintah-Nya? Pertanyaan ini bukan ingin mengisyaratkan bahwa perintah Allah itu berat. Perintah itu adalah pemberian Allah untuk menunjukkan betapa baiknya kehidupan kita saat menaati perintah Tuhan. Perintah itu diberikan karena Allah tahu bagaimana hidup dengan cara terbaik. Perintah-Nya itu tidak berat karena ketika kita dilahirkan kembali, kita diberikan hati yang baru yaitu hati yang dipenuhi dengan keinginan untuk menyenangkan hati Allah. Jadi perintah Allah tidak akan terasa berat jika kita sungguh-sungguh mengasihi Dia.
Hubungan kita dengan Allah membuat kita dapat mengalah-kan dunia, yakni musuh iman kita ( 1Yoh 2:13-14). Jadi seharusnya tidak ada kata kalah dalam kamus iman kita karena Yesus telah mengalahkan dunia (Yoh 16:33). Darah-Nya telah mengalahkan si pendakwa orang percaya, yaitu setan (Why 12:11). Kemenangan iman kita mungkin saja membahayakan diri hingga berisiko terhadap nyawa kita. Namun bila kita tidak menyayangkan nyawa dan tetap teguh pada kesaksian iman kita, maka disitulah terletak kemenangan iman kita! Bila kita menang maka kita akan menerima upah yaitu duduk bersama Yesus di takhta-Nya (Why 3:21).
Tuhan Yesus memberkati kita

Pesan Pastoral: 10 Desember 2017
Marilah kita memberikan yang  terbaik bagi ALLAH dengan menjadi pribadi yang “SADAR” rohani. Sangatlah penting untuk kita memiliki hubungan yang semakin intim dengan Tuhan karena semakin bertambah usia maka persoalan hidup akan semakin berat, tetapi bila kita memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan maka kita tetap akan terpelihara dengan sempurna.

Winner Voice.
Hubungan yang akrap dengan Allah adalah kunci untuk mengalahkan dunia.

Pengakuan Iman
Aku mengasihi ALLAH oleh sebab itu aku menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah Allah itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: imanku.  Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...