Friday, September 29, 2017

LEBIH DARI PEMENANG (4)



sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. (1Yohanes 5:4)

Di Ujung Perjuangan
Rasul Yohanes memberikan pernyataan kuat tentang kemenangan setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus (1 Yohanes 5:1-5). Kesimpulan dari dua kebenaran, yaitu barangsiapa percaya, lahir dari Allah, (1Yoh 5:1) dan barangsiapa lahir dari Allah mengalahkan dunia (1Yoh 5:4). Setiap orang percaya akan diperlengkapi dengan Roh Kekudusan yang memberikan kemampuan untuk mengalahkan dunia (Rm 1:4). "Roh kekudusan" menunjuk kepada Roh Kudus, Pribadi ketiga dalam Trinitas.
Menjadi kepentingan kita sekarang untuk menjalani hidup di akhir jaman dengan tetap memegang teguh iman percaya kepada Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan dan menguduskan kita dari segala dosa. Kita harus memiliki iman yang sejati yang akan terlihat dalam rasa bersyukur dan kasih kepada Bapa Sorgawi dan kepada Tuhan Yesus Kristus. Iman dan kasih tidak bisa dipisahkan, karena pada saat kita lahir dari Allah maka Roh Kudus mencurahkan kasih Allah ke dalam hati kita (Rm 5:5). Kasih terhadap sesama manusia hanya  merupakan kasih Kristen sejati bila disertai kasih kepada Allah dan ketaatan pada perintah Allah (1Yoh 2:3; 1Yoh 3:23; Yoh 15:10).
Orang Kristen memiliki iman yang mengalahkan dunia yaitu iman yang melihat realitas abadi, mengalami kuasa Allah dan kasih Kristus sedemikian sehingga kesenangan dunia yang berdosa, nilai-nilai sekuler, cara-cara yang fasik dan materialisme yang mementingkan diri sendiri bukan saja tidak lagi menarik bagi kita tetapi juga dilihat dengan rasa jijik, enggan dan susah hati.
Iman orang Kristen kepada Tuhan Yesus Kristus memberikan kekuatan mengalahkan dunia, karena duniapun telah dikalahkan Tuhan Yesus. Pemenang (Yun: nikon) adalah orang yang oleh kasih karunia Allah yang diterimanya melalui iman pada Tuhan Yesus Kristus, telah mengalami kelahiran baru dan tetap tinggal dalam kemenangan atas dosa, dunia, dan iblis.
Sekalipun harus berhadapan dengan berbagai masalah, dikelilingi oleh orang-orang menentang dan penghinaan yang hebat, orang Kristen akan tetap menolak untuk menyesuaikan diri dengan dunia ini dan kefasikan yang mungkin ada dalam gereja sekalipun (Why 2:24). Orang Kristen akan tetap mendengarkan dan menanggapi apa yang dikatakan oleh Roh Kudus, tetap setia kepada Tuhan Yesus Kristus sampai saat yang paling akhir  (Why 2:26) dan hanya menerima standar Allah yang dinyatakan dalam Alkitab (Why 3:8).
Rahasia kemenangan ini adalah kematian Tuhan Yesus Kristus yang mendamaikan orang Kristen (Pengikut Kristus) dengan BAPA di Sorga. Kedua, kesaksian setia orang Kristen akan Tuhan Yesus Kristus, dan ketekunan orang Kristen dalam kasih kepada Tuhan Yesus Kristus bahkan sampai mati sekalipun (Why 12:11; 1Yoh 5:4). Perhatikanlah bahwa kita harus menang atas dosa, dunia, dan Iblis, kalau tidak kita yang akan dikalahkan oleh mereka dan pada akhirnya dilemparkan ke dalam Neraka (Wahy 2:11; 3:5; 20:15; Why 21:8). Tidak ada jalan tengah !!!.
Orang Kristen dalam jemaat Allah dan hanya kita yang menang, akan makan dari pohon kehidupan, tidak akan menderita kematian yang kedua (Why 2:11), akan menerima manna yang tersembunyi dan akan diberikan nama baru di dalam sorga (Why 2:17), akan dikaruniai kuasa atas bangsa-bangsa (Why 2:26), nama kita tidak akan dihapus dari kitab kehidupan tetapi akan dihormati oleh Tuhan Yesus  Kristus di hadapan ALLAH Bapa dan para malaikat (Why 3:5), akan tinggal bersama Allah dalam bait-Nya dan akan mengenakan nama Allah, Kristus, dan Yerusalem Baru (Why 3:12), akan duduk bersama-sama dengan Tuhan Yesus Kristus di atas takhta-Nya (Why 3:21), dan akan menjadi anak-anak Allah untuk selama-lamanya (Why 21:7). Amin.
Tuhan  Yesus Memberkati.

 
Pesan Pastoral : 27 Agustus 2017
Marilah kita memberikan yang  terbaik bagi ALLAH dengan menjadi pribadi yang “SADAR” rohani. Marilah menjadi jemaat yang teguh berpegang pada iman percaya kepada Tuhan Yesus Kristus yang memberikan kemenangan besar atas dosa, dunia, dan Iblis di akhir jaman ini. Amin  

Winner Voice
 Tetap berada dalam Tuhan Yesus Kristus memastikan kita menang atas kuasa dosa. 

Pengakuan Iman
Sebab Aku  lahir dari Allah, aku mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: imanku kepada Tuhan Yesus Kristus. (1Yohanes 5:4)

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...