Monday, April 17, 2017

IMAN MENGALAHKAN DUNIA (3)



Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita,  dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib. (Kolose 2:13-14)

Pertukaran Di Atas Kayu Salib

Kota Kolose pada saat itu sedang mengalami kemunduran, tetapi oleh Rasul Paulus Jemaat di sana di minta tetap hidup dalam Kristus agar terjaga pengharapan mereka sekalipun dalam masa sukar. Dan sekalipun banyak pengajaran palsu yang mencoba membelokkan iman jemaat kolose yang telah menerima Kristus sebagai Juru Selamat tetapi jemaat Kolose tetap  mampu mempertahankan kenyakinan tersebut. Jemaat kota Kolose yang meskipun hidup dalam ancaman ajaran doktrin dan moral yang sesat, tetapi mereka tetap bisa dan terus bertumbuh karena mereka hidup dalam Kristus.
Kristus adalah pondasi dan bangunan iman dalam kehidupan setiap jemaat Tuhan. Sekarang bagi kita juga bukan saja menerima keselamatan dengan beriman kepada-Nya, tetapi juga merupakan kekudusan dan kekuatan rohani. Itu sebabnya kita perlu tetap tinggal dalam Tuhan Yesus Kristus.
Bila kita ada di dalam Tuhan Yesus Kristus yang adalah kepenuhan Allah, maka kita memiliki semua yang Allah berikan kepada kita melalui Kristus: keselamatan, kekudusan dan kedamaian, semua telah dimungkinkan oleh Kristus. Sekarang ini kita dapat merasakan setiap hari persekutuan iman dalam Tuhan Yesus Kristus. Perlu untuk diingat, bahwa nafas hidup, pekerjaan dan pelayanan yang kita tekuni, adalah bentuk-bentuk berkat Tuhan yang sangat patut kita syukuri keberadaannya dalam kehidupan kita.
Kebaikkan hidup yang kita didapatkan semuanya oleh karena kasih karunia Tuhan sebagai bentuk pertukaran yang Beliau kerjakan di atas kayu salib. Tuhan Yesus telah menukar segalanya, kita yang seharusnya mati oleh dosa di berikan kehidupan dalam Kristus. Kita yang miskin Tuhan bersedia menjadi miskin supaya kita hidup dalam kelimpahan kasih karunia. Kita yang seharusnya menderita karena dosa tetapi derita itu telah di tanggung oleh-NYA. Demikianlah neraka yang seharusnya menjadi tempat kekal setiap pelaku dosa, tetapi bagi kita ada pengampunan dan di tukarnya dengan Sorga yang mulia.
Kasih karunia ALLAH yang MahaBesar yang membuat segala sesuatunya mungkin. Karena bila menunjuk kepada Taurat Musa, yaitu hukum-hukum yang merujuk ke perilaku yang benar tetapi tidak dapat memberi hidup dan kuasa untuk menaati Allah (Gal 3:21). Perjanjian yang lama sebagai suatu jalan menuju keselamatan telah dipakukan di salib dan Allah mengadakan suatu perjanjian yang lebih baik melalui Tuhan Yesus Kristus dan oleh Roh-Nya (2Kor 3:6-9; Ibr 8:6-13; 10:16-17,29; 12:24). Karena sebenarnya bagi orang-orang bukan Yahudi gambaran tentang kematian Kristus sebagai penyunatan memiliki makna tersendiri: keterasingan mereka sebelumnya dari umat Allah dilambangkan dengan keadaan tidak disunat secara lahiriah (Ef 2:11). Sekalipun demikian manusia di bawah kuasa dosa, untuk menunjuk kepada keadaan tidak bersunat secara moral.
Demikian juga seperti sebuah surat hutang yang menunjukkan hutang seseorang dan tampaknya mengacu kepada hukum Musa yang tertulis. Bagi orang-orang bukan Yahudi mungkin termasuk juga hukum yang dibenarkan oleh nurani. (Rm 2:14,15; Kel 24:3; Ef 2:15). Kewajiban ini yang jika tidak dilaksanakan akan mendakwa kita, telah ditiadakan / ditukar pada kayu salib Tuhan Yesus Kristus.
Peristiwa Paskah yaitu kebangkitan Tuhan Yesus Kristus, maka dipandang sebagai tindakan bersama-sama dengan Kristus  yang merupakan realisasi pengampunan Allah yang penuh kemurahan kepada orang percaya (Ef 2:1-10).
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral : 16 April 2017
Marilah kita memberi yang  terbaik bagi ALLAH dengan menjadi pribadi yang “SADAR” rohani.  Pengorbanan besar Tuhan Yesus di atas kayu salib telah membalikkan keadaan demi kebaikkan kita sekarang sampai kekal. Marilah kita juga bersedia berkorban untuk mewujudkan misi Tuhan Yesus yaitu  keselamatan bagi bangsa-bangsa . Amin.  

Winner Voice
Pengorbanan Kristus telah menukar hukuman karena dosa manusia menjadi kasih karunia bagi kebaikkan hidup orang percaya.

Pengakuan Iman
Meskipun dahulu aku mati oleh pelanggaranku tetapi telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Tuhan Yesus, sesudah Beliau mengampuni segala pelanggaranku, dengan menghapuskan segala dosa dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib. Amin

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...