Wednesday, February 1, 2017

MENERIMA ANUGERAH DEMI ANUGERAH



Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia; sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus (Yohanes 1:16-17).

Anugerah Berkelanjutan

Pada Perjanjian Lama Allah menyatakan diri-Nya sebagai Allah yang penuh dengan kasih karunia dan kemurahan kepada umat-Nya bukan karena mereka layak tetapi karena keinginan-Nya sendiri untuk tetap setia pada perjanjian-perjanjian yang dibuat dengan Abraham, Ishak dan Yakub. Bagi orang yang berada di bawah hukum Perjanjian Lama terdapat sekedar kasih karunia yang tampak dalam iman beberapa orang (Kej 5:24; 7:1; 15:6) dan di dalam janji pengampunan dosa (Kel 34:6-7; Im 5:17-18).
Sekarang melalui Kristus, kasih karunia dan kebenaran tersedia dalam arti kata seluas-luasnya (Rom 5:17-21). Kebenaran tidak lagi terselubung oleh lambang-lambang (seperti dalam korban-korban), sehingga "Kasih karunia demi kasih karunia" (Yoh 1:16) berarti bahwa pemberian kasih karunia / anugerah dan kuasa secara terus-menerus disalurkan kepada orang percaya yang memberikan respon positif. Kasih karunia / anugerah Allah merupakan kuasa, kehadiran, dan berkat Allah yang dialami oleh mereka yang menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat.
Sebagai contoh anugerah keselamatan tidak disebabkan oleh usaha manusia untuk menaati hukum Taurat, tetapi oleh Roh Kudus dan kasih karunia atau anugerah Tuhan Yesus Kristus yang datang ke dalam kehidupan kita untuk memperbaharui roh kita serta menciptakan kita kembali menurut gambar Kristus.
Anugerah demi anugerah artinya ada kesesuaian antara anugerah yang pertama dengan anugerah selanjutnya atau: kasih-karunia (Anugerah dalam perjanjian baru) yang mengganti kasih-karunia lain (anugerah dalam perjanjian lama). Hal ini bisa terjadi bila kita ada dalam Anak Tunggal Bapa yaitu Tuhan Yesus Kristus. Jadi boleh diterjemahkan juga: Anugerah lama yang diganti anugerah yang baru, yang lengkap dan sempurna.
Puncak segala anugerah Allah adalah kehadiran dan kasih Allah melalui Kristus Yesus, yang diberikan kepada orang percaya oleh kuasa Roh Kudus bersamaan dengan diberikan - NYA kemurahan, pengampunan, dan keinginan serta kuasa untuk melakukan kehendak Allah (Yoh 3:16; 1Kor 15:10; Fil 2:13; 1Tim 1:15-16). Seluruh kegiatan kehidupan Kristen dari awal sampai akhir tergantung pada anugerah ini.
Sekarang melalui hidup kita Allah sedang melanjutkan anugerah-Nya kepada semua orang. Allah hendak memakai kita sebagai alat-NYA untuk banyak orang menerima Anugerah terbesar yang ada dalam dunia ini. Hal yang perlu di perhatikan saat kita menerima anugerah demi anugerah ALLAH adalah:
Pertama Allah memberikan anugerah – Nya sesuai kebutuhan (1Kor 1:4) yang bertujuan supaya orang yang tidak percaya menjadi percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan kuasa kebangkitan-NYA (Ef 2:8-9; Tit 2:11; 3:4).
Kedua bahwa anugerah Allah kepada orang percaya supaya "dimerdekakan dari dosa" (Rom 6:20,22), supaya kita mengerjakan kebaikkan berdasarkan kemauan dan kerelaan hati seperti yang telah di teladankan-NYA (Fil 2:13; Tit 2:11-12).
Anugerah Allah harus diinginkan dan dicari dengan sungguh-sungguh (Ibr 4:16). Pertama-tama dengan mempelajari dan menaati Alkitab (Yoh 15:1-11; 20:31; 2Tim 3:15), mendengarkan pemberitaan Injil (Luk 24:47; Kis 1:8; Rom 1:16; 1Kor 1:17-18), berdoa (Ibr 4:16; Yud 1:20), berpuasa (Mat 4:2; 6:16), menyembah Kristus (Kol 3:16), senantiasa dipenuhi dengan Roh Kudus (Ef 5:18), dan ikut serta dalam Perjamuan Kudus (Kis 2:42).  
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral : 4 Desember 2016
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu memberi diri yang terbaik kepada Tuhan. Kita telah menerima anugerah terbesar bagi dunia apakah anugerah itu berhenti di tangan kita atau kita akan melanjutkan kepada orang-orang lain? Marilah kita giat berbuat baik dan memberitakan kabar keselamatan bagi orang lain. 

Winner Voice
Anugerah Allah adalah anugerah berkelanjutan yang memerlukan kerelaan kita untuk menyalurkannya kepada orang lain. 

Pengakuan Iman
Karena dari kepenuhan-Nya aku telah menerima kasih karunia demi kasih karunia; sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus bagi ku dan bagi orang-orang di sekitarku (Yohanes 1:16-17).

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...