Wednesday, February 1, 2017

MENERIMA ANUGERAH DEMI ANUGERAH (2)



Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. Efesus 3:18-19

Dipenuhi Di Dalam Seluruh Kepenuhan Allah

Doa Rasul Paulus mengandung suatu rahasia ilahi yang sangat sukar untuk dipahami oleh logika manusia, yaitu tentang Kasih Kristus. Orang percaya hanya dapat mengerti betapa lebar, panjang, tinggi dan dalam kasih Kristus itu melalui pengalamanan pribadi bersama Tuhan Yesus Kristus, dimana orang percaya dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan ALLAH.
Kata “dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah” atau “supaya terpenuhilah seluruh kepenuhan Allah” merupakan anugerah hidup ilahi yang berdiam dalam Kristus (Kol 2:8-9).  Orang duniawi akan susah untuk memahami kasih Kristus karena pola berfikir yang di dasarkan pada “filsafat kosong” yang hanya bisa menjawab apa dan bagaimana kasih tetapi tidak memberikan contoh nyata dari tindakan kasih sejati seperti yang telah dilakukan oleh Tuhan Yesus dengan pengorbanan-NYA.  Kasih Kristus adalah anugerah ilahi yang dikaruniakan kepada orang Kristen (Pengikut Kristus)  yang pada gilirannya masuk ke dalam kepenuhan tubuh Kristus yaitu Gereja-NYA  dan mengalir kepada dunia baru yang penuh kasih, yang dibangun oleh orang Kristen, (Ef 1:23; 2:22; 4:12-13; Kol 2:10).
Kepenuhan Allah adalah ke-Allahan Kristus yaitu seluruh kepenuhan ke-Allahan yang sempurna dengan segala kuasa dan kodrat-Nya berdiam di dalam pribadi Yesus Kristus (Kol 2:9; Ibr 1:8).  Di sini Yesus Kristus bukan saja mempunyai ciri ilahi tetapi bahwa BELIAU adalah yang Ilahi itu sendiri (Kol 1:15-18).  Dengan pengertian bahwa seluruh alam semesta ini "dipenuhi" dengan kehadiran Allah, maka orang yang menolak Tuhan Yesus artinya orang tersebut telah menolak ALLAH (Maz 24:1; 50:12; 72:19; Yes 6:3; Yer 23:23).
Kristus adalah Firman yang menjadi manusia (Yoh 1:14), kemanusiaan Kristus oleh inkarnasi  memuncak dalam kebangkitan-NYA yang selanjut tidak hanya dijadikan Kepala umat manusia dan juga Kepala seluruh ciptaan. Sehingga orang yang menolak kepemimpinan Tuhan Yesus sebenarnya telah menolak keselamatan dan menerima kebinasaan. (Rm 8:19-22; 1Ko 3:22; 15:20-28; Ef 1:10; 4:10; Fil 2:10; Fil 3:21; Ibr 2:5-8; Fili 2:9).
Dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah juga menuntut penyatuan diri orang Kristen dengan Tuhan Yesus Kristus. Seperti carang tidak boleh lepas dari pokok anggur, demikian juga orang Kristen tidak boleh lepas dari pribadi Yesus Kristus. Disaat orang Kristen tetap melekat dengan Kristus maka akan menghasilkan buah kehidupan yang dapat dinikmati selama hidupnya, tetapi orang yang melepaskan diri dari Tuhan Yesus akan menjumpai kematian. (Yoh 15:1-18).
Kasih Kristus akan sulit dimengerti dengan logika manusia tetapi akan mudah dipahami bila sudah dihidupi. Orang Kristen adalah orang yang menghidupi setiap Firman Allah dengan demikian Kristus telah hidup dalam diri orang percaya, sehingga mendapatkan keselamatan bahkan penyatuan dengan Kristus akan memimpin dan membuat hidup  orang percaya menghasilkan buah yang dapat dinikmati,  lebat dan tetap berbuah sepanjang hidup. Inilah kehidupan yang menerima anugerah demi anugerah yaitu bila kita dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan ALLAH.
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral : 11 Desember 2016
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu memberi diri yang terbaik kepada Tuhan. Kasih Kristus harus mengalir melalui hidup kita, karena itu biarkan orang lain merasakan berkat Tuhan melalui hidup kita.

Winner Voice
Orang yang di penuhi dalam seluruh kepenuhan ALLAH akan memahami betapa lebar, panjang, tinggi dan dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.

Pengakuan Iman
Aku berdoa, supaya aku bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya aku dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. Amin (Efesus 3:18-19)

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...