Saturday, August 13, 2016

MENJAGA KEHIDUPAN YANG MURNI



Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus. (Roma 5:17)

Tuhan Yesus Menghapus Akibat Dosa

Ketika peristiwa kejatuhan manusia di taman Eden mengakibatkan dosa sebagai prinsip atau kuasa yang aktif memasuki seluruh generasi umat manusia (Rm 5:17,19; Kej 3:1-24; 1Kor 15:21-22). Akibat dosa asal ini maka ada yang harus di tanggung oleh umat manusia yaitu bahwa dosa dan kecemaran yang memasuki hati dan kehidupan Adam, juga akan di rasakan oleh umat manusia. Dalam hal ini Adam meneruskan dosa ke dalam arus kehidupan umat manusia, sampai merusak semua orang sesudah itu. Kini semua orang lahir di dunia memiliki kecenderungan untuk berbuat dosa dan kejahatan (Rm 5:19; 1:21; 7:24; Kej 6:5,12; 8:21; Mzm 14:1-3; Yer 17:9; Mrk 7:21-22; 1Kor 2:14; Gal 5:19-21; Ef 2:1-3; Kol 1:21; 1Yoh 5:19).
Tetapi janganlah kita salah berfikir bahwa kita juga menanggung dosa asal itu sebagai perbuatan pribadi, tetapi bahwa semua orang bersalah di hadapan Allah oleh dosanya sendiri-sendiri. Dan benar pernyataan ini yaitu bahwa "karena semua orang telah berbuat dosa" (Rm 3:23-24). Satu-satunya ajaran yang disokong Alkitab ialah bahwa semua orang mewarisi kerusakan moral serta dorongan untuk berbuat dosa dan kejahatan.
Selanjutnya adalah bahwa kematian memasuki dunia melalui dosa dan semua orang takluk kepada maut. Dan "karena semua orang telah berbuat dosa" (Rm 5:12,14; 3:23; Kej 2:17; 3:19) maka umat manusia pasti mengalami kematian, bukan karena mereka melanggar hukum Allah tetapi oleh karena dosa itu maka ada hukuman mati seperti halnya Adam harus juga dialami oleh generasi selanjutnya (Rm 5:13-14). Umat manusia adalah sesungguhnya orang berdosa baik karena tindakan maupun tabiatnya dan pelanggar hukum hati nurani yang tertulis di dalam hatinya (Rom 2:14-15).
 Alkitab memberikan tekankan atas kemampuan tertinggi dari penebusan yang diberikan oleh Tuhan Yesus Kristus untuk menghapus dampak-dampak kejatuhan dosa (Rm 5:12-21). Inilah inti kabar baik Alkitab; memang Adam membawa dosa dan kematian tetapi TUHAN YESUS Kristus membawa kasih karunia dan kehidupan (Rm 5:17). Penghukuman dosa atas semua orang menjadi kenyataan bagi orang-orang yang menolak TUHAN YESUS Kristus dan penyataan-Nya yang tertulis dalam hati mereka atau yang dinyatakan dalam Firman-Nya yang tertulis (Alkitab) (Rm 2:12-16).
Kasih karunia Allah memberikan pembenaran atas manusia oleh penebusan dosa dengan jalan menanggung beban dosa itu di atas kayu salib. "Pembenaran untuk hidup" bagi semua orang berpotensi sebagai kenyataan pada waktu orang percaya kepada TUHAN YESUS Kristus dan menerima kasih karunia kehidupan dan kebenaran (Rm 5:17). Semua orang percaya menjadi orang benar ini tidak hanya dalam penghakiman terakhir nanti, tetapi pembenaran ini sudah terjadi (Rm 1:5) dimana orang percaya lahir baru dalam TUHAN YESUS Kristus.
Sekarang setiap orang bebas mengambil respos atas pembenaran ALLAH. Bila orang itu tidak percaya dan menolak TUHAN YESUS, maka tidak ada pengampunan dan setiap upaya pembenaran hidup harus di usahakan sendiri dan merupakan kemustahilan karena setiap dosa memberikan dampak terhadap generasi (Kel 20:25; 34:7; Bil 14;18; Ul 5:9). Sedangkan kita tidak dapat bertanggungjawab untuk hidup kita benar 100%, lalu bagaimana kita dapat menanggung dosa leluhur kita atau generasi setelah hidup kita ?
Marilah menjaga kehidupan kita tetap murni didalam TUHAN YESUS Kristus yang telah memberikan pengampunan dosa dan membenarkan hidup kita.
Tuhan Yesus Memberkati kita.

Pesan Pastoral : 07 Agustus 2016
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu  memberi diri yang terbaik kepada Tuhan. Kasih karunia ALLAH kepada orang percaya memberikan kita kehidupan yang terbebas dari dosa oleh pengampunan dalam TUHAN YESUS Kristus, bukankah kita harus menjaga hidup yang murni sehingga dapat mempertanggunjawabkan kebaikkan-NYA ?....

Winner Voice
Hidup dalam TUHAN YESUS hidup di dalam “Pembenaran-NYA “

Pengakuan Iman (dengan mengangkat tangan kanan)

Aku adalah orang yang telah menerima pengampunan dosa. Aku adalah orang yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran. Aku akan hidup dan berkuasa oleh karena TUHAN Yesus Kristus. (Roma 5:17)

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...