Saturday, August 27, 2016

MENJAGA KEHIDUPAN YANG MURNI (3)



Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu  —  yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api  —  sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya. (1Petrus 1:7)

Hidup  Dengan Kemurnian Iman

Tujuan iman adalah mencapai keselamatan jiwa dan orang Kristen telah mencapai tujuan itu disaat percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat (1Pet 1:9). Keselamatan Jiwa adalah suatu yang pasti karena itu marilah kita bersyukur kepada ALLAH BAPA yang telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan TUHAN YESUS. Sekarang kita hanya menantikan waktu akhir jaman di mana ada pengangkatan orang percaya untuk menerima bagian yang kekal, tidak cemar dan tersimpan di Sorga (1Pet 1:3-5).
Allah memandang iman orang percaya dewasa ini lebih besar daripada iman mereka yang dahulu melihat dan mendengar Yesus sendiri saat masih di dunia. Orang percaya sekarang, sekalipun belum pernah melihat-Nya, mengasihi dan percaya kepada-Nya (Yoh 20:29). Apabila kita hidup dengan iman yang murni, Allah hendak mengaruniakan sukacita besar kepada kita (Maz 16:11; Yoh 16:24; Rom 15:13; Gal 5:22).
Bagaimana kita dapat hidup dengan iman yang murni? pertama; Kita berusaha tetap bersukacita dalam pencobaan (1Pet 1:6). Sekalipun tetap setia kepada Kristus, kita bisa juga dalam pencobaan, tetapi hal ini akan memurnikan iman kita dan menghasilkan pujian, kemuliaan dan hormat bagi Tuhan Yesus menjelang kedatangan-Nya kedua kali. Ketabahan dalam pencobaan dan keteguhan iman kita pada Kristus sebagai sesuatu yang sangat berharga bagi Allah sepanjang kekekalan.
Kedua adalah Iman yang didasarkan pada Alkitab. Roh Kudus yang mengilhami para nabi Perjanjian Lama, ROH KUDUS juga telah mengilhami kebenaran Injil; karena itu Alkitab berasal dari Allah dan bukan manusia (1Pet 1:11).
Ketiga, beriman hanya kepada TUHAN YESUS oleh Roh Kudus. ROH KUDUS melalui para nabi menubuatkan penderitaan Kristus dan kemuliaan yang kemudiaan (Kej 49:10; Maz 22:1-31; Yes 52:13-53:12; Dan 2:44; Za 9:9-10; 13:7; Luk 24:26-27).  Roh Kudus itu juga adalah disebut "Roh Kristus". Roh Kuduslah yang berbicara mengenai Kristus melalui para nabi (1Pet 1:11-12; Yoh 16:7; 20:22; Kis 2:33).
Keempat, percaya kepada kuasa ROH KUDUS. Sejak Pentakosta, Roh Kudus terus-menerus memberikan kuasa-Nya kepada semua orang percaya khususnya untuk menyampaikan berita Injil (Kis 1:8; 2:4).
Hidup dengan kemurnian iman akan menjadikan orang Kristen hidup di dalam pemeliharaan dan perlindungan oleh Allah terhadap semua kuasa jahat yang hendak menghancurkan kehidupan dan keselamatan. (2Tim 4:18; Yud 1:1,24; Rom 8:31-39).
Hidup dengan kemurnian iman adalah syarat penting yang diperlukan untuk mendapat pemeliharaan dan perlindungan Allah yang “ekstra”. Allah akan melindungi kita dengan kuasa dan kasih karunia-Nya. Hal ini terjadi bukan karena ALLAH bekerja secara sewenang-wenang, tetapi disebabkan karena iman yang murni orang percaya terhadap pemeliharaan dan perlindungan Allah Yang Maha Kuasa tersebut (Ef 2:8).
Keselamatan jiwa adalah tujuan utama dari pada perlindungan ALLAH, oleh karena iman yang murni bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Jurus Selamat, maka hidup kita mendapatkan pembenaran ALLAH.  Dalam hal ini keselamatan menunjuk kepada dimensi yang akan datang dari keselamatan (Rom 1:16-17), yaitu memperoleh warisan di sorga (1Pet 1:4) dan "keselamatan jiwamu" (1Pet 1:9).
Jadi, untuk mendapatkan perlindungan yang ekstra dari ALLAH ini, maka iman yang murni di dalam Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat adalah tanggung jawab harus dikerjakan dengan melakukan Firman ALLAH dan tidak boleh dilepaskan kapanpun juga. (1Pet 1:9; Yoh 15:4,6; Kol 1:23; 2Tim 3:14-15; 4:7; Wahy 3:8,10).
TUHAN YESUS MEMBERKATI


Pesan Pastoral : 21 Agustus 2016
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu  memberi diri yang terbaik kepada Tuhan. MARILAH menjaga iman kita tetap murni hanya kepada Tuhan Yesus Kristus saja, dengan tetap bersukacita dalam pencobaan karena kita tahu bahwa Allah akan melindungi dan memelihara hidup kita. Tetap tekun baca Firman dan lebih dekat dengan ROH KUDUS.

Winner Voice
Menjaga iman yang murni adalah tanggungjawab orang Kristen.  

Pengakuan Iman (dengan mengangkat tangan kanan)

Sepanjang hidup aku mau membuktikan kemurnian iman bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan JuruSelamat sekalipun dalam berbagai macam pencobaan. Tidak akan ku tukar imanku dengan emas atau perak, aku hanya menantikan janji Allah saat Tuhan ku menyatakan diri-NYA. (1Petrus 1:7).

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...