Friday, February 19, 2016

ROH KUDUS MEMBERI KUASA DAN ANUGERAH BESAR (4)



Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. (Roma 5:5) 

Pengharapan  Tidak Mengecewakan

Orang Kristen sekalipun dalam masa-masa yang sukar tidak akan lepas pengharapan sebab kasih ALLAH melalui ROH KUDUS – NYA senantiasa dicurahkan dalam hati. Dalam hal ini karena kasih ALLAH berlangsung terus menerus memenuhi hati kita. Pengalaman akan kasih ALLAH ini akan menjadi penopang yang kuat disaat penderitaan harus dialami oleh orang percaya (Rm 5:3) dan menyakinkan  kita bahwa pengharapan akan kemuliaan serta kebaikkan yang akan datang bukanlah harapan kosong (Rm 5:4-5; 8:17).
Dasar pengharapan orang Kristen adalah karena ROH KUDUS dalam hati sehingga ada alasan kuat untuk berharap karena iman adanya TUHAN yang menolong. Ada keyakinan akan Allah yg hidup, yg berinisiatif  dan bertindak dengan kuasa-NYA  yang turut campur tangan untuk mendatangkan kebaikkan, serta dapat dipercaya bahwa ALLAH pasti menepati janji-janji-Nya, (Rom 4:18, 28).
      Berdasarkan apa yang telah Allah perbuat, apa yang sedang dilakukan-NYA melalui Kristus, maka orang Kristen walaupun belum melihatnya, berani mengharapkan berkat-berkat pada masa datang (2Kor 1:10).  Karena ROH KUDUS maka kita percaya bahwa kasih Tuhan akan selalu tersedia dan yang terbaik masih belum tiba. Harapan kita akan semakin bertumbuh bila tekun mempelajari perbuatan-perbuatan ajaib Tuhan seperti yang tertulis dalam Alkitab (Rom 12:12; 15:4).  Oleh iman orang Kristen percaya bahwa hal-hal yang di  harapkan akan menjadi kenyataan (Ibr 11:1); dan harapannya tidak akan mengecewakan (Rom 5:5).
      Harapan dalam diri orang Kristen tidak mungkin hanya sebatas kesukaan jasmaniah saja tetapi juga dalam cangkupan rohani (Ibr 13:14); yang juga harus dapat membuatnya masuk dalam kekudusan hidup (1Yoh 3:2,3).  Harapan kepada TUHAN akan memberikan kekuatan untuk tetap bersukacita pada masa penderitaan. Harapan kepada TUHAN akan membuat Orang Kristen dapat memiliki kesabaran dan keteguhan hati dalam menghadapi penderitaan. (1Tes 1:3;Rom 5:3-5).
      Pengharapan seringkali disebutkan terkait dengan iman dan kasih. Para pahlawan (Ibr 11) adalah teladan yang baik dari harapan dan terhubung dengan iman dan kasih. Sekalipun semua yang dimiliki seseorang dapat hilang atau habis tetapi kombinasi ketiga unsure  yaitu iman, pengharapan dan kasih adalah hal terbaik yang harus tetap dimiliki oleh orang Kristen (1Tes 1:3; 5:8; Gal 5:5,6; 1Kor 13:13; Ibr 6:10-12; 1Pet 1:21,22.  Karena hubungannya dengan kasih, maka harapan orang Kristen terlepas dari kepentingan diri sendiri. Orang Kristen tidak hanya mengharapkan berkat bagi dirinya sendiri, yg ia ingin membagikannya kepada orang lain. Bila ia mengasihi sesamanya ia berharap bahwa mereka juga dapat menjadi penerima hal-hal yg baik. karena orang Kristen percaya bahwa Allah mau memberikannya kepada mereka semua yang terbaik.
Tuhan Yesus memberkati.  

Pesan Pastoral : 31  Januari  2015
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu  memberi diri yang terbaik kepada Tuhan. Bersama ROH KUDUS kita boleh mengharapkan kebaikkan hidup yang disediakan ALLAH. Tetap percaya bahwa ALLAH adalah pribadi yang bersedia memberikan pertolongan dan sanggup memberikannya dengan limpah. GBU.
Winner Voice
Harapan kepada TUHAN akan memberikan kekuatan untuk tetap bersukacita pada masa penderitaan.

Pengakuan Iman
Tuhan Yesus Kristus akan turun dari Surga untuk membangkitkan semua umatNya yang telah mati dan mengangkat semua umatNya yang masih hidup lalu bersama-sama bertemu dengan Dia di udara, kemudian Ia akan datang kembali bersama orang kudusNya untuk mendirikan Kerajaan Seribu Tahun di bumi ini.  Amin.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...