Friday, February 19, 2016

ROH KUDUS MEMBERI KUASA DAN ANUGERAH BESAR (3)



Karena iri hati, bapa-bapa leluhur kita menjual Yusuf ke tanah Mesir, tetapi Allah menyertai dia, dan melepaskannya dari segala penindasan serta menganugerahkan kepadanya kasih karunia dan hikmat, ketika ia menghadap Firaun, raja Mesir. Firaun mengangkatnya menjadi kuasa atas tanah Mesir dan atas seluruh istananya. (Kisah Para Rasul 7:9-10).

Keteladanan Yusuf Dalam Kuasa dan Anugerah

Yusuf adalah anak yang paling disayangi Bapa Yakub yang bermimpi mengenai kekuasaannya di masa depan. Yusuf menjadi korban keirihatian kakak-kakaknya. Diawali dengan siasat yang jahat maka Yusuf di tangkap dan hendak dibunuh oleh saudaranya sendiri, tetapi karena saran dari Ruben maka Yusuf dibuang di sumur kering (Kej 37:18-22) dan dijual kepada saudagar yang sedang dalam perjalanan ke Mesir. (Kej 37:26-28).
Di Mesir, sebagai budak Yusuf berada di rumah Potifar seorang kepala pengawal raja. Di rumah Potifar Yusuf disertai Tuhan sehingga semua pekerjaannya berhasil dan dia mendapatkan kuasa atas semua harta milik tuannya itu (Kej 39:1-6). Selang berapa waktu, Yusuf yang memiliki sikap yang manis dan berparas elok disukai oleh istri Potifar. Begitu bernafsunya istri potifar sampai bersiasat untuk dapat “tidur” dengan Yusuf, tetapi dengan tegas ditolak dan Yusuf akhirnya melarikan diri dengan melepaskan pakaiannya (Kej 39:11-12). Akibat dari peristiwa ini dan karena fitnah istri Potifar, Yusuf di masukkan dalam penjara istana (Kej 39:11-20)
Dalam penjara, Tuhan tetap menyertai Yusuf sehingga dia menjadi kesayangan kepala penjara. Yusuf dipercayakan semua tahanan dan pekerjaan dalam penjara hingga kepada penjara tidak perlu mencampuri pekerjaan itu karena Tuhan membuatnya berhasil (Kej 39:21-23). Yusuf sempat berbuat jasa besar dengan mengartikan mimpi dari juru minuman dan juru makanan, tetapi jasa itu dilupakan (Kej 40). Di penjara kemampuan administratif Yusuf telah membawa dirinya pada kekuasaan yang lebih besar ketika dia dapat mengartikan mimpi dari Firaun. (Kej 41: 25-36).
Yusuf mencapai kekuasaan yang sangat besar tidak lepas dari peran ROH Allah hal ini di nyatakan langsung oleh Firaun yang kagun dengan mengatakan; "Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah?" (Kej 41:38). Arti mimpi Firaun menjadi kenyataan dan terjadilah kelaparan yang hebat di seluruh bumi. Oleh pimpinan ROH Allah pula maka Yusuf dapat menyelesaikan masalah kelaparan yang besar, bahkan memberikan kekuasaan yang lebih luas kepada Mesir dalam pimpinan Yusuf (Kej 41:56-57).
Yusuf tidak menaruh dendam dalam hatinya, ketika saudara-saudaranya datang untuk membeli gandum pada masa kelaparan, terjadilah rekonsiliasi dramatis, dan seluruh keluarganya pindah ke Mesir. Keluarga Yakub bersatu dan berada ditempat yang terbaik yaitu ditanah Gosen (Kej 45; 47:27). Prinsip utama kuasa dan anugerah dalam diri seseorang adalah disaat menerima ROH KUDUS dan memelihara hidup yang tetap dalam kebenaran.
Yusuf mempunyai banyak alasan untuk menjadi sakit hati dan dendam yang dalam karena pahit hidupnya, tetapi tidak dibiarkan hatinya teracuni oleh semua itu bahkan dia dapat melihat kebaikkan di balik segala hal buruk yang dialaminya (Kej 45:5). Demikianlah ALLAH menyertai orang yang jujur, orang yang takut akan TUHAN dan orang yang sadar bahwa dia adalah milik ALLAH sendiri, inilah ciri-ciri orang yang mendapatkan kuasa dan anugerah ALLAH. TUHAN YESUS Memberkati.

Pesan Pastoral : 24  Januari  2015
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu  memberi diri yang terbaik kepada Tuhan. Belajar dari kehidupan Yusuf  yang selalu disertai ROH ALLAH, baiklah kita menjaga hidup ini tetap dalam kebenaran karena ALLAH inginkan kita mencapai keberhasilan dan kebaikkan dalam rencana ALLAH. GBU.

Pengakuan Iman
Baptisan Roh Kudus adalah karunia Tuhan untuk semua orang yang telah disucikan hatinya; tanda awal babtisan Roh Kudus adalah berkata-kata dengan bahasa Roh sebagaimana diilhamkan oleh Roh Kudus.  Amin.

Winner Voice
Kuasa dan Anugerah adalah hak ALLAH yang diberikan kepada orang percaya agar digunakan dengan benar.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...