Wednesday, May 20, 2015

SERUPA DENGAN KRISTUS (2)




Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar” (2 Korintus 3:18b).

Kemuliaan Yang Lebih Besar

Alasan kita diciptakan agar menjadi serupa dengan Kristus, baik dalam kekudusan, sikap dan karakter. Demikianlah tujuan hidup kita harus selaras dengan tujuan yang telah Allah tetapkan bila sebaliknya maka hal ini berarti sebuah pemberontakan rohani. Tetapi bila kehidupan kita selaras dengan tujuan Kristus maka ada kemuliaan yang lebih besar yang dapat kita rasakan.
Hanya orang percaya yang memiliki ROH KUDUS yang dapat mencapai kemulian semacam ini yaitu,  pada waktu Roh Kudus bekerja di dalam diri kita maka kita menjadi makin serupa dengan Kristus serta memantulkan kemuliaan Tuhan lebih lagi. (2 Kor 3:18b). Adalah tugas Roh Kudus untuk menghasilkan keserupaan dengan Kristus di dalam diri kita.
Rasul Paulus mengajarkan kita tentang tanggungjawab pribadi agar menjadi serupa dengan Kristus, yaitu :
1.      Kita harus melepaskan cara hidup lama. (Ef 4:22)
2.      Kita harus mengubah cara berpikir. (Ef 4:23) dan
3.      Kita harus memiliki karakter Kristus. (Ef 4:24)
Menjadi serupa dengan Kristus bukan perkara mudah, diperlukan proses yang panjang dan terkadang sangat pelan, tetapi bila kita tekun maka dengan Firman Tuhan dan keadaan hidup kita akan mengarah kepada keserupaan itu.  Allah sangat menghargai proses dan lebih menghargai hasilnya dalam bentuk yang rohani daripada yang jasmani ( Ef 4:13)
Proses pembentukan untuk menjadi serupa Kristus terkadang sangat menyakitkan dan tidak jarang orang harus melewati krisis kehidupan. Dalam krisis hidup kita akan memiliki pilihan, apakah tetap mengikuti cara Kristus atau cara duniawi?  Bila kita mau taat dan tetap bekerja dengan cara-cara kebenaran maka hal ini akan membentuk hidup kita semakin serupa dengan Kristus, dan di saat itulah kita menyadari peran Allah yang membuat segalanya indah pada waktunya (Rm 8:28).  
Tuhan mengijinkan kita mengalami penderitaan dan kekecewaan sebab Ia ingin kita mengalami perubahan.  Setiap kekecewaan yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita akan membawa kita pada sebuah posisi yang mana kita menyadari hanya Tuhanlah yang sanggup membahagiakan hidup kita, dan pada akhirnya kita akan melihat kebaikan Tuhan dan keindahan hidup.
Bila kita terus bertahan dalam ketaatan untuk serupa dengan Allah, maka Hidup kita akan menjadi berkat yang membawa pengaruh besar bagi lingkungan di sekitar. Keserupakan kita dengan Kristus kan membuat keluarga, lingkungan,  kota dan bangsa kita akan bisa melihat kemulian Allah melalui hidup kita. Kemuliaan yang lebih besar lagi akan dinyatakan secara terus menerus hidup kita telah semakin menjadi serupa seperti Kristus !
Tuhan Yesus Memberkati.

Pesan Pastoral : 11 Mei  2015
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu  memberi diri yang terbaik kepada Tuhan. Marilah kita berupaya lebih keras untuk serupa dengan Kristus dalam berperilaku maupun bertuturkata, sehingga kita mendapatkan kemuliaa yang lebih besar dan memberikan pengaruh yang positif terhadap keluarga, lingkungan dan masyakat pada umumnya.

Winner Voice
Keserupakan dengan Kristus terjadi karena peran ROH KUDUS

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...