Monday, August 18, 2014

PERJUANGAN DIRI SENDIRI




Galatia 5:16-18

Kehidupan orang percaya tidak lepas dari persoalan kehidupan selama hidup di dunia ini. Persoalan hidup akan memunculkan gesekkan satu dengan yang lain, dan dengan banyaknya ragam manusia, maka tidak semua orang itu baik, ada kalanya orang percaya juga harus berhadapan dengan orang yang punya niatan jahat. Sekalipun orang percaya memiliki iman untuk percaya kepada Tuhan tetapi tetap juga harus berhikmat dalam menghadapi persoalan hidup yang salah satunya bila mengalami perselisihan dan sengketa yang mungkin timbul.
Sebenarnya dalam menghadapi perselisihan dan sengketa dengan orang lain, ada yang penting karena di saat yang sama ada juga perselisihan di dalam diri orang percaya. Medan perselisihan itu ada di dalam orang persaya itu sendiri dan perjuangan untuk memenangkannya harus berlangsung sepanjang hidup di dunia ini.
Yang diperjuangkan setiap orang percaya dalam dirinya adalah apakah mereka akan menyerah pada kecenderungan keinginan daging dan kemudian terikat kepada penguasaan dosa lagi atau sebaliknya mereka akan menyerahkan diri kepada tuntutan ROH KUDUS dan tinggal di bawah kekuasaan Kristus(Gal. 5:16; Rom 8:4-14). Bila orang percaya dapat bertahan dalam kehendak ROH KUDUS untuk melakukan kebenaran dalam hidup ini, maka mereka akan layak untuk memerintah bersama TUHAN YESUS dalam kerajaan Allah kelak. (Rom. 7:7-25; 2Tim 2:12; Why. 12:11)
Perjuangan rohani orang percaya ini dapat digambarkan sebagai peperangan iman (2Kor. 10:4; 1Tim. 1:18-19). Orang Kristen harus berjuang menghadapi peperangan rohani yang dilaksanakan  dengan kuasa ROH Kudus (Rom. 8:13) berhadapan dengan;
1.      Keinginan berdosa dalam diri sendiri. (1Pet. 2:11)
2.      Pencobaan dalam bentuk kesenangan yang tidak senonoh. (Mat. 13:22; Gal. 1:4; Yak. 1:14-15; 1Yoh 2:16.
3.      Iblis dan roh jahat (Ef 6:12)
Langkah perjuangan orang Kristen pertama adalah dengan memisahkan diri dari system dunia sekarang yang jahat. Kedua, Orang Kristen hendaknya membenci kejahatan (Ibr 1:9). Selanjutnya orang percaya harus berjuang untuk “mati-matian” mengatasi pencobaan dunia. (Gal 6:14; 1Yoh 5:4). Akhirnya orang Kristen harus terang-terangan mengutuk dosa-dosanya sendiri. (Yoh 7:7).
Untuk memenangkan perjuangan diri sendiri orang Kristen harus melakukannya dengan kuasa ROH KUDUS (2Kor 10:3) serta menggunakan senjata rohani yang dikaruniakan TUHAN. (Ef 6:10-18; 2Kor 10:4-5).
Orang Kristen pasti dapat memenangkan perjuangan dalam dirinya sendiri asalkan tetap mau bertahan didalam iman percaya kepada TUHAN YESUS yang telah memberikan kebebasan dari ikatan dosa.  Orang percaya harus kuat mempertahankan menghadapi kesulitan hidup dengan tangguh karena Allah pasti beserta kita. Immanuel. (2Tim 2:3)
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral : 10 Agustus 2014
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu  memberi diri yang terbaik kepada Tuhan. Jemaat Tuhan, perjuangan kehidupan dalam Iman akan memberikan kita kekuatan baru untuk menghadapi kesulitan hidup dan terhadap orang-orang jahat.

Winner Voice
KEMENGAN DIRI SENDIRI MENENTUKAN KEMENANGAN DI DUNIA INI

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...