Friday, July 4, 2014

ROH KUDUS PENGACARA KITA




Yohanes 14:16-17

Pernahkah kita mengalami persoalan hukum? Pada kebanyakan orang yang pertama kali berhadapan persoalan hukum akan mengalami kebingungan karena tidak paham dengan apa yang seharusnya dilakukan untuk terbebas dari masalah. Bayangan kebanyakan orang yang mempunyai masalah hukum akan cemas dan kuatir sehingga dapat membuat dirinya menjadi stress berat karena bayangan atas hukuman penjara yang mungkin saja harus dijalani.
Setiap orang yang menghadapi permasalahan hukum sangat berharap untuk mendapatkan pertolongan dari orang yang paham tentang hukum. Tidak heran maka peran pengacara menjadi penting bagi orang yang mengalami masalah hukum sekalipun harus membayar mahal jasanya. Dan sekarang banyak Lembaga Bantuan Hukum didirikan untuk menolong orang-orang yang bermasalah secara hukum, dan keberadaan lembaga semacam ini dapat menjadi angin segar yang membangkitkan semangat.
Dalam hal rohani apakah kita pahami bahwa setiap orang pasti memiliki masalah hukum dengan Tuhan Yang Maha Kuasa ?  Sejujurnya setiap orang sudah berdosa dan melanggar hukum Taurat yang telah ditetapkan oleh Allah untuk berlaku sepanjang jaman ? dan bahwa oleh karena dosa maka seharusnya kita dihukum dalam pembuangan di api neraka ?.
Puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus karena kasih-Nya yang besar memberikan ROH KUDUS dalam kehidupan setiap orang percaya. Roh Kuduslah yang memiliki peran besar dalam menolong kita mengatasi persoalan hukum Taurat. Roh Kudus adalah pengacara kita (Yun: Parakletos). Roh Kudus adalah pribadi yang senantiasa menyertai kita untuk menanggani kasus dan urusan. Istilah Parakletos ini juga dipakai untuk Tuhan Yesus (1Yoh 2:1) oleh karena itu  Tuhan Yesus juga merupakan penolong dan jurusyafaat kita di sorga (Ibr 7:25), sedangkan ROH KUDUS berperan yang sama di dunia di dalam diri setiap orang percaya. (Rom 8:9, 26; 1Kor 3:16; 6:19; 2Kor 6:16; 2 Tim 1:14).
Saat ini juga kita memiliki Tuhan Yesus yang berada di Sorga dan ROH KUDUS (penolong) di dalam kita sebagai pengacara yang menangani urusan dan kasus kita. Roh Kudus akan berperan sama seperti Tuhan Yesus mendampingi murid-murid-Nya :
1.      Menolong dan menguatkan kita (Mat 14:30-31)
2.      Mengajar kita untuk hidup dalam kebenaran (Yoh 14:26)
3.      Menghibur dalam situasi sulit (Yoh 14:18)
4.      Berdoa syafaat bagi kita (Rom 8:26-27)
5.      Menjadi sahabat yang bersedia membantu kepentingan kita (Yoh 14:17)
6.      Tinggal bersama selamanya.
Roh Kudus adalah Roh Kebenaran (Yoh 15:26; 16:13; 1Yoh 4:6; 5:6) karena Roh Kristus yang adalah kebenaran itu sendiri. Dengan demikian ROH KUDUS akan bersaksi tentang kebenaran (Yoh 18:37), menerangkan kebenaran dan menyingkapkan yang tidak benar (Yoh 16:8) dan menuntung orang percaya kepada seluruh kebenaran (Yoh 16:13). Bila ada orang mengorbankan kebenaran dengan alasan apapun pada dasarnya telah menyangkal ROH KUDUS. Bila gereja meninggalkan kebenaran pada prinsipnya telah meninggalkan Tuhan Yesus Kristus. ROH Kudus tidak akan menjadi PENOLONG bagi orang-orang yang tidak serius terhadap iman dan tidak memiliki komitment terhadap kebenaran. ROH KUDUS hanya mendatangi kita yang bersedia menyembah ALLAH dalam ROH dan Kebenaran. (Yoh 4:24).
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral : 15 Juni 2014
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu  memberi diri yang terbaik kepada Tuhan.  Jemaat Tuhan marilah kita mengejar kebenaran dalam Alkitab karena demikianlah kita mendapatkan pertolongan Roh KUDUS dalam hidup yang penuh permasalahan ini. Tuhan Yesus memberkati.
Winner Voice
Roh Kudus memastikan hidup kita terbebas dari hukum yang membelenggu.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...