Friday, July 4, 2014

MERDEKA DARI SEGALA DOSA




Kisah Para Rasul 13:38-39

Jemaat kekasih TUHAN YESUS, patut di mengerti dengan benar  karena hanya oleh Kristus saja maka kita mendapatkan kabar pengampunan dosa dan setiap orang percaya di dalam TUHAN YESUS pasti memperoleh  pembebasan dari segala dosa. Sungguh berbeda dengan nabi-nabi manapun yang menjumpai kematian sekalipun telah melakukan kehendak Allah pada jamannya, tetapi Yesus Kristus adalah TUHAN yang mengatasi kematian, dan mengatasi kebinasaan, sehingga hanya oleh DIA saja kita mendapatkan kebebasan dari segala dosa. (Kis 13:36-37)
Allah menawarkan hidup kekal kepada setiap orang secara Cuma-Cuma melalui diri TUHAN YESUS Kristus, hanya ternyata tidak setiap orang percaya dan memahami  makna pengampunan dosa, dan lebih memiliki usaha manusia untuk menggapai keselamatan itu. Usaha manusia adalah kesia-sia-an belakan dalam menjangkau kekudusan, tanpa campur tangan ALLAH tidaklah mungkin manusia memiliki hidup yang layak untuk masuk dalam kerajaan Sorga. Oleh karena itu tidak ada jalan lain daripada menerima pengampunan dosa oleh pengorbanan Kristus di kayu salib bagi semua orang untuk mendapatkan keselamatan. (Rom 1:16)
Keselamatan (Yun; Soteria) artinya “pembebasan”, “mengantar dengan aman melalui …”, dan “menjaga dari bahaya”. Perjanjian Lama Allah terbukti telah berperan sebagai penyelamat umat-Nya.(Maz 27:1; 88:2; 61:3; Yes 25:6; 53:5). Dan pada Perjanjian Baru digambarkan sebagai  “jalan” yang menerobos kehidupan ini menuju kepada persekutuan abadi  dengan Allah di Sorga. (Mat 7: 14; Mar 12:14; Yoh 14:16; Kis 16:17; 2Pet 2:2-21).
Untuk mencapai kemerdekaan dari segala dosa kita harus melalui jalan keselamatan yang telah Allah tentukan. Tidak boleh kita menentukan sendiri jalan keselamatan sesuai yang kita pandang tepat secara pribadi. Satu-satunya jalan keselamatan yang ujungnya menuju kepada Bapa Sorgawi ada di dalam Kristus (Yoh 14:6; Kis 4:12). Keselamatan disediakan bagi kita oleh kasih karunia Allah, yang diberikan-NYA dalam Kristus Yesus (Rom 3:24), berlandaskan kematian (Rom 3:25; 5:8), kebangkitan (Roma 5:10) dan syafaat-Nya yang terus menerus bagi orang percaya (Ibr 7:25).
Orang percaya hanya dengan iman kepada Kristus saja menerima keselamatan (Rom 3:u-25,28), sehingga keselamatan itu datang sebagai akibat dari kasih karunia Allah (Yoh 1: 16) dan respon manusia dengan imannnya (Kis 16:31; Rom 1:17; Ef 1:15; 2:8). Respon manusia untuk percaya kepada Tuhan Yesus Kristus ini penting karena artinya kita harus memusatkan iman dan komitmen hanya pada Kristus yang penjadi penebus dosa, Juru selamat  dari kutukan dosa dan Tuhan atas kehidupan kita. (Kis 16:30)
Respon iman kita kepada Kristus berarti pula kita percaya bahwa Yesus Kristus berasal dari Allah dan diutus oleh ALLAH sehingga setiap perkataanNya adalah kebenaran dan berlaku bagi kehidupan kita. Kita juga percaya bahwa Yesus Kristus sanggup mengampuni dosa kita dan menjadikan kita anak-anak Allah serta memberikan ROH KUDUS yang senantiasa bersama kita untuk membantu, membimbing, menghibur dan memimpin kita ke Sorga.
Respon iman kepada Yesus Kristus membuat kita agresif mendekati Allah, dan tinggal di dalam Dia, serta menyerahkan segala persoalan kehidupan kepada –Nya dengan kepastian  bahwa Tuhan Yesus, yaitu Firman dan ROH KUDUS akan memimpin kita sepanjang hidup sampai di hadirat Allah yang kekal.

Pesan Pastoral : 9 Juli 2014
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu  memberi diri yang terbaik kepada Tuhan. Jemaat Tuhan janganlah kita sia-siakan kehidupan ini dengan tidak memberikan respon iman kepada Kristus, karena demikianlah kita mendapatkan kemerdekaan dari segala dosa dan menuntun kita pada kebenaran sampai akhirnya kita berjumpa dengan ALLAH dalam kekekalan.

Winner Voice
Respon iman kepada Kristus menentukan apakah manusia bebas dari segala dosa.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...