Sunday, March 23, 2014

MILIKILAH CARA HIDUP YANG BAIK

1Petus 2 : 12

Pesan dari Rasul Petrus ini ditujukan kepada jemaat yang sedang mengalami masa-masa sukar karena mereka sedang dalam perantauan di tempat yang asing sebagai pendatang (1Petrus 1:1). Beberapa alasan lain mengapa jemaat ini mengalami penderitaan dan bahkan penganiayaan, dimana hal ini berkaitan dengan keberadaan dan cara hidup jemaat Tuhan dihadapan penduduk setempat, yaitu bahwa mereka:
1.      Jemaat berusaha hidup saleh dan berbuat baik dengan cara benar. (1Pet 2:19-23; 4:1-4; 15-19).
2.      Jemaat Tuhan dinista dan dicaci maki oleh orang yang belum di selamatkan karena mereka memuja nama Tuhan Yesus. (1Pet 4:14)
Oleh Karena tekanan yang hebat ini membuat beberapa orang jemaat yang tidak kuat dan murtad meninggalkan iman percaya mereka kepada Tuhan Yesus, oleh karena itu Rasul Petrus menuliskan surat pengembalaannya ini. Rasul Petrus menekanan kepada jemaat Tuhan yang setia agar dalam keadaan apapun juga harus tetap hidup dan bertumbuh.
Orang Kristen yang bertumbuh selalu memiliki potensi yang luar biasa besar dalam dirinya. Orang Kristen yang bertumbuh memiliki kuasa ilahi yang dianugerahkan kepada kita untuk kuat hidup dalam kesalehan, Allah menganugerahkan janji-janji yang berharga dan yang sangat besar. Adalah kodrat ilahi setiap orang Kristen untuk berjuang menghadapi dunia yang tidak mengenal Allah yang benar, berjuang untuk luput dari hawa nafsu duniawi yang menyesatkan. (2Pet 1:3-4).
Cara hidup yang baik orang Kristen adalah pertama-tama, orang Kristen harus hidup dalam kekudusan. (1Pet  2 : 11-12). Orang Kristen harus mengalami lahir baru dan tinggal dalam kekudusan hidup dengan meninggalkan dosa-dosa yang lalu. Orang Kristen harus mampu mengesampingkan sikap hati yang salah, yang dapat merusak kesaksian hidup mereka. Sebaliknya harus mengambil kebenaran dalam Firman Tuhan sebagai pedoman hidup.
Kedua, orang Kristen harus hidup dalam ketaatan. (1Pet 2 : 13-14). Orang Kristen harus memiliki sikap menundukkan diri, dalam hal ini ditunjukkan dalam penundukkan diri terhadap pemerintahan, tidak peduli apakah mereka orang Kristen atau bukan. Karena tidak ada satupun pemerintahan yang ada lahir tanpa seijin Tuhan. (Rom 13:1). Tentu saja sepanjang perintah itu tidak bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan. (Kis 4:19; 5:29)
Ketiga, orang Kristen harus hidup dalam takut akan TUHAN (1Petus 2 : 15-17). Takut akan Tuhan ditunjukkan dengan kita berbuat baik kepada siapapun. Dasar dari perbuatan baik kita adalah kasih kepada sesame seperti diri sendiri dimana hal ini berarti kita telah melakukan seluruh hukum Tuhan yang terangkum.
Keempat, adalah hidup sebagai orang merdeka. (1Petus 2 : 16). Kita adalah orang merdeka kerena telah ditebus dari dosa-dosa, dan saat ini orang Kristen harus bertanggungjawab terhadap pilihan hidupnya, apakah mau taat kepada dunia dan diperhamba kembali oleh setan, atau masuk dalam ketaatan kepada Allah secara mutlak dan menjadi Hamba Tuhan yang setia.

Pesan Pastoral : 23 Maret 2014
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan   selalu memberi diri yang terbaik kepada Tuhan.
Jemaat Tuhan kejarlah kebenaran yang memerdekan kita dengan memiliki cara hidup yang baik, yaitu tinggal dalam kekudusan, hidup dalam ketaatan kepada TUHAN, takut akan TUHAN dengan berbuat baik kepada siapapun serta mempunyai sikap sebagai orang yang merdeka.

Winner Voice
Memiliki cara hidup yang baik membuat kita tetap bertumbuh dalam masa sukar 

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...