Wednesday, October 2, 2013

HATI NURANI ITU PENTING



Roma 8:26-28

Allah menyelidiki hati nurani kita karena di sanalah Roh Kudus dapat bekerja dalam kapasitas-Nya untuk menguatkan dan membentuk pribadi orang percaya agar tetap bertahan dan terus setia kepada panggilan ilahi yang telah di nyatakan sebagai pilihan Allah yang dari semula untuk ditentukan menjadi serupa dengan gambaran Yesus Kristus. (Roma 8:29). Jadi bila kita ingin supaya hidup ini sesuai dengan skema dan gambar Allah maka kita perlu memperhatikan hati nurani kita.
Mengenai bagaimana pekerjaan Roh Kudus dalam hati nurani manusia adalah menolong orang percaya khususnya ketika berdoa ada tiga hal penting yaitu :
1.      Orang percaya memiliki pengantara ilahi. Kristus berdoa bagi orang percaya di dalam sorga (Roma 8:34; Ibr 7:25; 1Yoh 2:1) dan Roh Kudus berdoa di dalam orang percaya dibumi. Dalam hal ini Roh Kudus membantu kita dalam kelemahan kita karena Roh Kudus merasakan apa yang dirasakan oleh semua orang percaya. Roh Kudus  bekerja menguatkan doa tentang harapan akan penggenapan pengangkatan sebagai anak Allah. Kalau Allah bekerja dalam perkembangan dan pergumulan hidup kita maka pastilah hasil yang penuh kemenangan akan kita raih.
Kata membantu (Yun : synantilambanetai), yang digambarkan sebagai seorang yang memegang ujung yang lain dari benda yang berat untuk mengangkatnya.
2.      “dengan keluhan-keluhan” menunjuk pada Roh Kudus berdoa bersamaan dengan keluhan yang ada dalam hati nurani orang percaya yang menanggung beban berat. Ada kelemahan yang dialami oleh orang percaya dalam menghadapi tantangan kehidupan dengan tetap menurut pada kebenaran Firman Allah, hal ini disebabkan oleh tidak tahu dan tidak mengerti secara mutlak maksud dari kehendak Allah, oleh sebab itu saat berdoa kita menjadi sangat umum sekali dan tidak menyentuh hal – hal yang khusus. Disinilah pertolongan Roh Kudus menjadi sangat nyata. Doa-Nya ada dalam kita doa Juruselamat  kita ada di tangan kanan Allah (Ibr 7:25).
3.      Didalam hati nurani kita ada keinginan dan kerinduan yang bersumber pada Roh Kudus. Roh Kudus  sendiri juga “mengeluh, mendesah, dan menderita” di dalam kita serta mendambakan akhir dari penebusan (Roma 8:23-25). Roh Kudus memohon kepada Bapa untuk keperluan kita “sesuai dengan kehendak Allah”.
Roh Kudus bukan saja “Penghibur” yang ada disamping tetapi juga ada di dalam kita kita. Roh Kudus menguatkan kita, menggerakkan dan mendorong jiwa kita untuk merindukan pengangkatan penuh sebagai anak dengan kebenaran yang diberikan sebagai akibat dari kebenaran Kristus yang diperhitungkan  kepada kita.
Allah yang menyelidiki hari nurani adalah Mahatahu dan mengetahui segala arah gerakan Roh yang mendorong kerinduan orang percaya, dan Allah juga mengetahui maksud Roh Kudus sebab itu pasti maksud-Nya sendiri.
Kehendak Allah yang berdaulat menjamin kasih karunia. Roh manusia dan Roh Allah, diselaraskan  di dalam satu kehendak. Karena Allah bekerja di dalam dan untuk kita, maka kita yakin, bahwa bagi mereka yang mengasihi Allah segala sesuatu bekerja untuk kebaikkan, yaitu bagi mereka yang benar-benar terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Pesan Pastoral : 22 September 2013
Anak Allah marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” (Semangat, Antusias, Dinamis, Agresif dan Radikal) yaitu selalu memberikan yang terbaik kepada Tuhan.
Jemaat bila ingin Allah bekerja dalam segala hal untuk kebaikkan kita, mulailah kita selidiki hati nurani ini dan perbaikilah perilaku yang lama serta perlakukan Roh Kudus dengan penuh hormat.

Winner Voice
Hati nurani suci dan murni tempat Roh Kudus dapat membantu kita secara maksimal .

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...