Sunday, May 12, 2013

PENUH DENGAN ROH


Efesus 5:18-19

Seorang  pemabuk tidak mungkin mendapatkan bagian dalam kehadiran dan kepenuhan Roh Kudus karena mereka tidak mungkin memiliki “buah Roh”  (Gal 5:22-23) dan ini berarti kehilangan kepenuhan Roh (Kis 8:21). Kepenuhan Roh Kudus tergantung pada respon kita terhadap kasih karunia yang diberikan Tuhan, dimana kita harus mencapai dan memelihara kekudusan.
Kata “hendaklah kamu penuh oleh Roh” pada ayat di atas memiliki arti “dipenuhi berkali-kali”, karena itu orang percaya harus senantiasa mengalami pembaharuan (Ef 3:14-19; 4:22-24; Roma 12:2) dengan berkali-kali dipenuhi Roh Kudus yang berarti haruslah setiap saat Roh Kudus benar-benar berkuasa penuh atas kehidupan kita. Bagaimanakah kita dapat benar-benar dipenuhi dengan Roh Kudus setiap saat ?
Pertama kita harus dibabtis dengan Roh Kudus setelah pertobatan (Kis 1:5; 2:4) dan ini barulah awal dari perjalanan rohani orang percaya. Tetapi untuk perjalanan rohani selanjutnya kita perlu berkali-kali dipenuhi dengan Roh untuk menyembah, melayani dan menjadi saksi Kristus. Kuasa Roh Kudus yang ada dalam diri kita dan realitas kehadiran Allah yang dihasilkan dari kepenuhan Roh akan membebaskan kita dari ketakutan terhadap orang lain dan meningkatkan keberanian bahkan dalam memberitakan Firman Allah kepada semua orang. (Kis 4:31).
Kedua, memelihara iman yang hidup pada Yesus Kristus, hal ini akan membuat kita orang beriman akan kepenuhan Roh berkali-kali. (Gal 3:5). Karya Roh Kudus bukan saja pekerjaan yang dapat dirasakan dalam batin tetapi juga suatu pengalaman yang nyata melalui kuasa ilahi diantara orang percaya. Karunia-karunia Roh merupakan norma penentu dari kehadiran dan kekuasaan Roh Kudus (1Kor 12-14) sehingga sesuatu yang normal bila orang beriman kepada Kristus dan dipenuhi Roh Kudus dapat melakukan mujizat dan pernyataan lain dari Roh.
Ketiga, hati dan pikiran kita dipenuhi dengan Firman Kebenaran yang murni (Kol 3:16). Perkataan Kristus yaitu Alkitab merupakan hasil  dari inspirasi Roh Kudus seutuhnya harus selalu dibaca, dipelajari dan direnungkan, dan didoakan sehingga diam di dalam kita dengan segala kekayaannya. Bila ini menjadi pengalaman kita, maka pikiran, perkataan, perbautan  dan motivasi kita akan dipengaruhi dan dikuasai oleh Kristus. (Maz 1119:11; Yoh 15:7). Dalam hal ini kita juga harus kristis terhadap lagu pujian yang kita nyanyikan, karena seharusnya nyanyian pujian sebaiknya dapat digunakan dan bersumber dari pengajaran Alkitab untuk mengingatkan orang percaya untuk hidup taat kepada Kristusb (Ef 5:19).
Keempat, tekun berdoa, mengucap syukur dan memuji Tuhan (1Kor14:15), melayani sesama (Ef 5:21) dan melakukan apapun yang diinginkan oleh Roh Kudus (EF 4:30; Roma 8:1-14; Gal 5:16). Tindakkan-tindakkan diatas akan membuat kita selalu terhubung dengan kuat kepada Roh Kudus yang akan memenuhi kita dengan kasih dan karunianya senantiasa.
Roh Kudus akan memberi dapak yang kuat pada seseorang untuk mengalami perubahan hidup. Apakah yang dapat menjadi tanda yang mudah di jumpai saat kita dipenuhi oleh Roh Kudus ? tanda atau indikator yang mudah untuk dilihat seseorang dipenuhi oleh Roh Kudus adalah :
Pertama seseorang yang dipenuhi Roh Kudus akan berbicara dengan sukacita kepada Allah dalam mazmur, kidung pujian dan nyanyian Rohani (Ef 5:19) dalam hal ini orang percaya akan sangat suka untuk memuji Tuhan dimanapun, hatinya akan penuh dengan sukacita yang limpah walaupun dalam situasi yang sukar. Selanjutnya orang percaya yang dipenuhi oleh Roh Kudus akan mengucap syukur senantiasa dan tidak mudah untuk mengeluh sekalipun situasinya sulit. (Ef 5:20). Dan akhirnya orang percaya yang dipenuhi oleh Roh  Kudus akan merendahkan diri, tidak sombong bahkan siap untuk melayani Tuhan dan sesama. (Ef 5:21)
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral : 12 Mei 2013
Anak Allah marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” (Semangat, Antusias, Dinamis, Agresif dan Radikal) yaitu selalu memberikan yang terbaik kepada Tuhan.
Jemaat Tuhan janganlah kita diperbudak dengan kesenangan duniawi, karena hal itu akan membuat kita tidak dapat dipenuhi oleh Roh Kudus dan akibatnya kita tidak dapat menghasilkan buah Roh  yang dibutuhkan oleh  rohani kita untuk menjadi orang yang diperkenan Tuhan.

Winner Voice
Kembangkan kepedulian dalam rohani untuk menjadi penurut Roh Kudus.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...