Saturday, January 26, 2013

BERTOBATLAH

Kisah Para Rasul 20:21

“Bertobatlah, sebab kerajaan Allah sudah dekat” inilah seruan Tuhan Yesus pertama kali. (Matius 4:17) yang kemudian menjadi tema pelayanan Tuhan YESUS secara konsisten di kumandangkan-Nya, dan tetap berlaku bagi manusia pada jaman sekarang ini.
Pertobatan adalah tanda yang nyata atas orang yang mengasihi ALLAH, karena pertobatan akan membuat orang memiliki hati dan pikiran baru berkaitan dengan Allah, sesama dan diri sendiri. Jika pertobatan terjadi dalam hidup kita, maka kita akan mendapatkan kepastian akan hidup kekal serta memuliakan Tuhan dengan menjadi berkat bagi sesama.
Pertobatan adalah mengakui dosa seperti yang contohkan dalam perumpamaan anak yang hilang (Luk 15:21; bd, Maz 38:19). Selanjutnya dengan segenap hati meninggalkan kejahatan dan kembali kepada Allah (Kis 26:18) sehingga terjadi perubahan dalam pola pikir kita yang terarah kepada kebenaran sejati. (Mat 12:41).
Bertobat itu penting dan menjadi keharusan bagi kita karena merupakan perintah ALLAH (Kis 17:30), sebab tanpa pertobatan maka tidak ada pengampunan (Kis 3:19) dan artinya menjadi kebinasaan selamanya (Luk 13:3-5). Orang yang menolak untuk bertobat sebenarnya sedang menjerat diri sendiri (Maz 9:17) pada dosa yang membuatnya menerima hukuman kekal. (Yoh 12:48). Marilah kita mengindahkan pertobatan seperti yang di katakan oleh Rasul Paulus (Kis 17:30; 26:19-20), Rasul Yohanes (Matius 3:1-10), bahkan oleh Tuhan Yesus sendiri. (Mat 4:17; Wah 2:3).
Ada kesalahan persepsi yang mengatakan bahwa pertobatan dilakukan pada saat di gereja dan di waktu-waktu tertentu saja. Sebenarnya pertobatan membutuhkan kesadaran tinggi yang membuat kita mengerti akan kebenaran dan membenci dosa (Ayub 42:5-6), sehingga pertobatan dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun. Yunus bertobat di perut ikan (Yun 2:1-10), saudara-saudara Yusuf bertobatdi negeri Mesir (Kej 50:17-18) dan pemungut cukai bertobat di Bait Allah. (Lukas 18:13). Yosia bertobat saat mendengar Firman Tuhan (2Raj 22:11) dan Raja Daud bertobat saat di tegur oleh nabi Natan (2 Sam 12:10-16).
Bertobatlah kalah kita benar-benar mengasihi Allah yang mendekatkan kita pada Kerajaan Allah. Dan inilah yang sanggup membuat dunia dan sorga bersorak penuh sukacita yaitu bila ada anak manusia yang bertobat. (Luk 15:7-10). Bagi kita yang hidup dalam dunia yang penuh dengan dosa pertobatan akan membawa pengampunan sejati (Yes 55:7) karena oleh pengorbanan Tuhan Yesus di atas kayu salib membuat pertobatan kita tidak sia-sia dan oleh darah-Nya kita telah di sucikan dari segala dosa – dosa kita.
Pertobatan sejati akan membuka kemurahan Tuhan (Kis 3:19-20). Ada keselamatan dan kelegaan dari Tuhan kita Yesus Kristus karena kita tidak mungkin hidup dengan kekuatan sendiri untuk mencapai kekekalan sorgawi. Kita membutuhkan Kristus yaitu Penyelamat yang menjadi perantara kita dengan Bapa di Sorga. Inilah mengapa kita harus bertobat karena Allah rindu kita menyatu dengan-Nya di sorga mulia, dan itu menuntut kesucian hidup yang hanya dapat diperoleh dengan bertobat dalam pengampunan oleh kasih Tuhan Yesus Kristus. Amin
Tuhan YESUS memberkati.

Pesan Pastoral : 27 Januari 2013
Anak Allah marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” (Semangat, Antusias, Dinamis, Agresif dan Radikal) yaitu selalu memberikan yang terbaik kepada Tuhan.
Bertobatlah, karena Kerajaan Allah sudah dekat merupakan tema yang tetap “up to date” bahkan setelah dikumandangkan lebih dari 2000 tahun lalu. Karena itu sadarilah keadaan kita sekarang dan ambilah keputusan untuk bertobat saat ini juga.

Winner Voice
Bertobat artinya berbalik kepada Allah dan tidak berkeinginan untuk menengok dosa lagi.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...