Monday, August 27, 2012

BERTUMBUH SECARA ROHANI


2 Petrus 3:18

Gereja harus menjadi dewasa sehingga layak untuk menjadi mempelai Tuhan Yesus di akhir jaman. Karena itu sesuai dengan keinginan Tuhan Yesus sendiri gereja, haruslah bertumbuh menjadi dewasa secara rohani. Kita memerlukan ROH KUDUS untuk mewujudkan kedewasaan rohani, oleh karena pertolongan dan bimbingan ROH KUDUS kita sebagai gereja akan bertumbuh sesuai dengan kehendak BAPA di surga.
Langkah pertama untuk bertumbuh dalam kedewasaan secara rohani adalah percaya kepada Yesus Kristus (Yohanes 3:16). Dalam gereja setiap orang haruslah pribadi yang telah bertobat dari dosa dan percaya sepenuhnya kepada Tuhan Yesus Kristus sehingga layak untuk menerima pengampunan dosa. Pengampunan dosa ini akan membawa gereja kepada kehidupan yang baru. Gereja adalah perhimpunan yang berbeda dengan perhimpunan dunia sehingga pergaulan yang baik dan kudus harus mewarnai seluruh kegiatan dan aktifitas anggota gereja. Setiap orang percaya dalam gereja adalah pribadi yang mempunyai kesukaan, kerinduan, ambisi dan pengharapan hari esok yang benar-benar baru dan berbeda dengan cara dunia. (2Korintus 5:17).
Gereja yang bertumbuh menjadi dewasa secara rohani harus menyadari bahwa secara mutlak tidak punya hak lagi atas hidupnya tetapi telah menjadi milik Kristus (Roma 12:1). Pertumbuhan menjadi dewasa secara rohani menuntut penyerahan total. Saat kita sebagai gereja menyerahkan hidup sepenuhnya kepada Allah, maka kit adi penuhi oleh kasih-Nya (1Yohanes 1:7). Roh Kudus memberikan kita damai dan kuasa-NYA untuk menghadapi semua tantangan dan menjadi saksi-NYA (Kisah Para Rasul 1:8).
Selanjutnya Gereja yang bertumbuh menjadi dewasa secara rohani adalah gereja yang bersedia dengan sepenuhnya untuk dipakai oleh TUHAN YESU (1Korintus 3:9). Banyak gereja menjadi kerdil dan tidak bertumbuh dengan baik karena masa bodoh dan tidak peduli terhadap pekerjaan TUHAN. Tetapi setiap orang percaya atau gereja yang mau peduli dan tetap setia melakukan pekerjaan Tuhan dengan sepenuh hati akan membuat pertumbuhan secara rohani menjadi sesuatu yang alami dan pasti terjadi (Efesus 4:32).
Akhirnya bahwa gereja yang bertumbuh menjadi dewasa secara rohani berarti menjadi seperti Yesus Kristus (1Yohanes 3:2). Yesus Kristus adalah teladan terbaik yang dapat kita contoh, dan gereja harus bertekad bulat untuk melakukannya. Marilah kita meneladani kasih-Nya, belas kasihan-Nya dan pengertian-Nya semuanya itu akan membantu kita untuk bertumbuh dengan baik menjadi dewasa secara rohani. Langkah ini akan mempersiapkan gereja yang dewasa layak untuk menjadi penghuni rumah Bapa di Sorga. Bukan saja menjadi serupa dengan Yesus Kristus tetapi tinggal bersama Dia selamanya di Sorga mulia.
Tuhan Yesus Memberkati.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...