Saturday, November 9, 2019

Imanuel (5) (Yesaya 8:5-10)


Empat Nama Sebutan Imanuel (Yesaya 9:5).

Nama Imanuel atau Allah beserta kita ternyata memiliki peran yang luar biasa dari Allah sesuai dengan  4 sebutannya, yaitu Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai (Yesaya 9:5). Keempat nama sebutan dari Juruselamat kita, Tuhan Yesus Kristus, menunjukkan kuasa ilahi yang dahsyat luar biasa dan patut kita syukuri karena hal-hal ini akan menyertai kita senantiasa, yaitu:
Penasehat Ajaib. Ada banyak macam penasehat di dunia ini; penasehat keuangan, penasehat kesehatan, perumahan, perpajakan, pernikahan, tetapi hanya ada satu Penasehat Ajaib yaitu Tuhan Yesus Kristus! Dialah satu-satunya penasehat Supranatural yang sangat ajaib. Kita membutuhkan Penasehat Ajaib; dan peran itu sekarang ada pada Roh Kudus yang ada dalam hidup kita. ada 3 pesan Tuhan berkaitan dengan Penasehat Ajaib:
Pertama; jangan mendukakan Roh Kudus. Upah dosa adalah maut karena itu berusahalah keras untuk berhenti berbuat dosa, jangan berdosa lagi! Takutlah akan Tuhan. buatlah komitmen di hadapan Tuhan, minta agar Tuhan mampukan dengan kekuatan Roh Kudus agar kita tidak jatuh lagi di dalam dosa. Mari jaga hidup kita agar tidak mendukakan Roh Kudus.
Kedua; lebih intim dengan Roh Kudus. Semakin tekun menjalankan disiplin rohani. Marillah kita tingkatkan lagi di hari-hari ke depan; pembacaan Firman Tuhan, berdoa dan puasa, memuji dan menyembah Tuhan dan setia untuk beribadah.
Ketiga; peka terhadap kehadiran Roh Kudus. Inilah masa-masa akhir jaman dimana ada banyak penyesatan dari kuasa roh jahat yang semakin licik dengan segala macam tipu daya. Kita perlu memperhatikan dan peka mendengarkan perkataan yang Roh Kudus.
Allah yang Perkasa. Allah kita adalah Allah yang perkasa, tidak ada yang mustahil bagi Allah karena itu tidak ada satupun yang hal yang sukar bagi Allah (Yes 10:21), beruntung bagi kita yang percaya kepada-NYA dan Allah akan menunjukkan kasih setia-NYA dan berpihak kepada kita maka tidak ada satupun lawan yang sanggup bertahan di hadapan-NYA (Yer 32:18; Maz 118:6-7). Tuhan Yesus menyembuhkan orang lumpuh di Kapernaum sesuatu yang luar biasa dan belum pernah di lihat, oleh karena ada kuasa kesembuhan dalam diri-NYA (Mar 2:12). Tuhan Yesus berkuasa atas Sorga dan dunia ini oleh sebab itu setiap mahluk akan takluk kepada-NYA (Mat 28:18). Dan pada akhirnya setiap lutut akan bertelut dan setiap lidah akan mengaku bahwa Yesus lah Tuhan (Fil 2:9-11). Tuhan Oleh sebab itu apapun masalah yang kita hadapi marilah beriman bahwa Tuhan sanggup untuk menolong, menyembuhkan dan menopang hidup kita.
Bapa yang Kekal.  Allah kita adalah Allah semua generasi oleh sebab itu disebutkan dengan Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub. Dan Allah kita adalah Allah Alfa dan Omega yang berarti yang awal dan yang akhir (Wah 1:8; 21:6; 22:13), dimana Tuhan Yesus adalah Firman yang menjadi manusia (Yoh 1:1). Firman Tuhan katakan Akulah jalan, dan kebenaran, dan hidup. Tidak ada seorangpun yang dating kepada Bapa, kalau tidak melalui aku (Yoh 14:6)”. Oleh sebab itu hanya percaya kepada Tuhan Yesus Kristus adalah satu-satu cara untuk mencapai Bapa yang kekal, maka hanya setiap orang yang percaya kepada-NYA pasti akan diselamatkan untuk masuk dalam kerajaan Sorga yang kekal.
Raja Damai. Tuhan Yesus adalah penguasa nomor satu terhadap kedamaian. Dunia yang sekarang adalah dunia yang penuh dengan kekerasan dan ditandai dengan tidak adanya rasa damai di dalam hati manusia. Manusia sekarang dihantui oleh rasa takut dan rasa kuatir dan ini bukanlah cara hidup yang indah, banyak manusia menjadi stress bahkan frustasi menghadapi hari-hari ini. Di akhir jaman semua orang membutuhkan Tuhan Yesus Sang Raja Damai (Kol 1:20). Sebenarnya ketika Tuhan Yesus Sang Raja Damai berkuasa atas kita maka akan membawa atmosfir damai ke manapun kita berada dan di mana pun kita berada pengaruh damai ini akan dirasakan oleh orang-orang di sekitar kita. Sebagai yang orang percaya kepada Tuhan Yesus maka kita adalah duta pembawa damai bagi dunia ini baik melalui perkataan, pikiran, perbuatan, tindak-tanduk kita.
Jadi ketika kita percaya Imanuel yang artinya Allah beserta kita maka sebenarnya ada pengaruh luar biasa yang menyertai kita yaitu peran Allah sebagai Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal,  dan Raja Damai. Amin
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral:  29 September 2019
Marilah kita menjadi pribadi “SADAR” rohani yaitu dengan memberikan yang terbaik bagi ALLAH dalam segala hal. Allah Imanuel adalah Allah dengan peran yang luar biasa, kita tidak boleh main-main dihadapan Allah. Karena dimanapun Allah beserta kita maka sampai kapanpun kita harus menjaga diri dari hal-hal yang melukai hati Allah dengan berbuat dosa.

Winner Voice
Allah Imanuel membawa kita ke kekalan dengan kuasa ilahi-NYA

Pengakuan Iman
Pembacaan Firman:
Sebab seorang anak telah lahir untuk kita. Seorang putera telah diberikan untuk kita, lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang; Penasehat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (Yesaya 9:5)
1.      Aku percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Allah yang turun ke dunia untuk menebus dosa ku.
2.      Aku percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Firman Allah yang kekal dan hidup.
3.      Aku percaya Tuhan Yesus adalah  Penasehat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.  Amin

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...