Thursday, August 14, 2014

DITENTUKAN UNTUK HIDUP KEKAL




Kisah Para Rasul 13:47-49

Hidup kekal di tentukan bagi segala bangsa, Kata “ditentukan” dalam ayat ke 48 (Yun : Tetagmenoi) tepat diterjemahkan sebagai “berkecenderungan” sehingga ayat ini memiliki arti sebagai; semua orang yang berkecenderungan untuk hidup yang kekal menjadi percaya”, sehingga hal ini menjadi tepat karena memang seharusnya ada tanggungjawab manusia dalam menerima atau menolak hidup kekal. (Kis 13:46; 1 Tim 2:4; Tit 2:11; 2 Pet 3:9).
Tidak seorangpun yang tanpa syarat ditetapkan untuk hidup kekal. (Roma 11:20-22). Demikian pula dengan bangsa Israel yang merupakan bangsa pilihan Allah. Tetapi dalam hal masa depan bangsa Israel bukanlah merupakan keputusan Allah secara sewenang-wenang, tetapi ketidakpercayaan dan penolakkan bangsa ini terhadap kasih karunia Allah di dalam Kristus, membuat bagian dari bangsa Israel seperti ranting yang tidak berguna akan dipatahkan.
Peringatan penting pula bagi kita orang percaya yang bukan dari bangsa Israel, (kepada semua gereja, persekutuan atau organisasi Kristen) janganlah kita menjadi sombong karena ada kemungkinan pula yang mengerikan terjadi yaitu bahwa Allah “akan memotong” setiap orang, (pelayanan dan organisasi gereja) jika mereka tidak tetap dalam kemurahan-Nya dan di dalam iman rasuli dan kebenaran Firman Allah. (Roma 11:22).
Jika Allah tidak menyayangkan bangsa Israel yang telah dipilihnya demikian pula Allah tidak akan menyanyangkan setiap orang yang “murtad” yaitu mereka yang menolak jalan Allh dan mengikuti jalan duniawi. (Rom 12:2). Karena itu setiap orang percaya (gereja dan semua organisasi Kristen) takut akan Tuhan yaitu dengan tetap memperhatikan  kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya serta berusaha keras untuk tetap beriman dan melakukan kebenaran Firman Tuhan. Dalam hal ini Allah tidak pernah untuk pilih kasih sehingga setiap orang percaya harus senantiasa sadar rohani, jangan pernah beranggapan bahwa Allah tidak akan menghukum orang berdosa. (Wah 2-3)
Sekarang kita patut bersyukur, karena sesuai kerelaan-NYA, Allah telah memilih kita sebelum dunia ini dijadikan supaya kita mendapatkan kehidupan kekal dalam sorga mulia.(Ef 1:4-5). Dalam hal ini berlaku “Predestinasi” (Yun : Proorizo) yaitu bahwa Allah telah menentukan sebelumnya dan berlaku untuk maksud-maksud Allah saja. Pemilihan Allah kepada kita untuk berada dalam Kristus menjadi suatu umat yang kudus, (gereja yang sejati) yaitu orang-orang yang benar-benar percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.
Allah telah memilih kita untuk: 1. Dipanggil (Roma 8:30). 2. Dibenarkan (Rom 3:24; 8:30). 3. Dimuliakan (Rom 8:30). 4. Dijadikan serupa dengan Putra-Nya (Rom 8:29). 5. Dijadikan kudus dan tidak bercacat (Ef 1:4). 6. Diangkat sebagai anak-anak Allah (Ef 1:5). 7. Ditebus (Ef 1:7). 8. Menerima suatu bagian (Ef 1:14). 9. Menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya (Ef 1:12; 1Pet 2:9). 10. Menerima Roh Kudus (Ef 1:13; Gal 3:14) 11. Diciptakan untuk melakukan perbuatan baik. (Ef 2:10).
Luar biasa Allah telah menentukan kehidupan kita untuk hidup kekal, baiklah kita tetap menjaga iman percaya kita sehingga kehidupan ini menjadi berarti dan menghasilkan karya-karya yang berkenan di hati Allah serta memuliakan nama-Nya senantiasa. Tuhan Yesus Memberkati.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...