Monday, January 27, 2014

MELEPASKAN DIRI DARI PENDERITAAN DENGAN RAHMAT TUHAN



Yakubus 5:13-15

Pada masa sekarang persoalan hidup menjadi sangat komplek sehingga seakan-akan masalah tiba dalam satu paket penderitaan. Tetapi saat kita mengalami penderitaan berupa kesulitan ekonomi, kesusahan dan kesehatan yang buruk. Firman Tuhan mengajarkan kita untuk mencari kekuatan dari Allah melalui doa. (Yak 5:13).
Baiklah dalam doa ini kita dapat mengalami kedekatan secara roh dengan Juruselamat kita Tuhan Yesus yang akan menjadi Pengantara Agung. Tuhan Yesus akan membela dan bersyafaat bagi kita dihadapan Allah Bapa (Ibr 7:25), dan memberikan rahmad-Nya  berupa kemurahan dan kasih karunia untuk menolong kita pada saat yang tepat. (Ibr 4:16)
Dalam hal ini marilah kita percaya seperti yang dikatakan Firman Tuhan, “serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu” (1Pet 5:7). Pertolongan Tuhan - lah yang melepaskan kita dari segala penderitaan dan membuat kita dapat berbahagia. Sudah selayaknya kita mengucapkan syukur dalam nyanyian pujian yang indah kepada Tuhan. (Maz 33:2-3; 81:2-3; 92:2-4; 98:4-6; 144:9; 14:1-5; 150).
Lebih lanjut Firman diatas menyatakan adanya kesembuhan dari penyakit jasmaniah. Penyakit seringkali menghalangi seseorang untuk melihat rahmad Tuhan sedangkan kondisi tubuh akan terus menurun sesuai dengan usia yang semakin menua. Tetapi Firman Tuhan membolehkan kita cara untuk menangani penyakit dengan meminta doa dari para penatua atau pemimpin gereja. Dalam hal inilah menjadi tugas dan tanggungjawab gembala sidang dan pemimpin gereja untuk mendoakan dengan penuh iman bagi orang yang menderita sakit dan mengoleskan minyak.
Minyak merupakan perlambang kuasa dari Roh Kudus yang menyembuhkan, dalam hal ini minyak membantu kita untuk lebih beriman (Mar 6:13). Firman Tuhan  menekankan bahwa yang terpenting adalah doa dengan penuh iman percaya pada pertolongan Tuhan. Doa yang efktif  harus dipanjatkan dalam iman kepada ada orang sakit terlebih bila percaya kepada rahmat Tuhan Yesus pemilik mujizat kesembuhan maka akan disembuhkan. Dalam hal ini Tuhan Yesus akan memberikan iman sesuai dengan kehendak-Nya. (Mat 17:20)
Mungkin orang yang sakit tidak selalu disembuhkan: sekalipun demikian gereja harus terus menerus mencari kuasa penyembuhan dari Tuhan dalam belas kasihan terhadap orang sakit dan demi kemuliaan Allah.
Firman Tuhan memberikan kita penjelasan bahwa penyakit juga dimungkinkan karena ada dosa  (Yak 5:16), oleh karena itu, setiap orang yang sakit harus terlebih dulu memeriksakan dirinya dihadapan Allah dalam doa untuk mengetahui apakah penyait itu disebabkan oleh dosa pribadi. Tetapi juga perlu dipahami bahwa tidak semua penyakit disebabkan oleh dosa sehingga kita tidak boleh menghakimi sesama saudara seiman.
Tetapi bila memang penyakit itu merupakan dari dosa maka perlu pengakuan yang tulus kepada orang yang dapat dipercaya dan adalah sebaiknya itu kepada pemimpin gereja sehingga dalam pengakuan dosa dan di doakan dengan penuh iman maka rahmad Tuhan yang menghapuskan dosa juga akan menyembuh seseorang dari sakit yang diderita.
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral : 19 Januari 2014
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu  selalu memberi diri yang terbaik kepada Tuhan.
Allah ingin kita terlepas dari penderitaan untuk itu marilah kita intropeksi diri secara rohani dan jasmani agar hidup kita baik dan memuliakan Tuhan.

Winner Voice
HIDUP YANG BAIK DAN SEHAT SENANTIASA TERSEDIA BAGI ORANG YANG PERCAYA AKAN RAHMAT TUHAN.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...