Wednesday, April 3, 2013

BEBAS DARI KEJAHATAN

Titus 2:11-15

Tuhan Yesus harus wafat dengan tidak terhormat bukan karena kejahatan-Nya tetapi karena dosa oleh kejahatan manusia. Ini dilakukan karena kasih-Nya yang besar bagi kita, kemudian apakah kita bisa memaknai semuanya ini dengan tepat ?
Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah bahwa Yesus Kristus wafat untuk kita, supaya kita dapat dibebaskan dari segala kejahatan (ayat 14a), yaitu cara hidup yang bertentangan dengan hukum Tuhan (ayat 12). Marilah kita lihat kejahatan apa yang dihapuskanNya dan harus kita hindari seumur hidup ini sebagai pertanggunganjawab kita kepada TUHAN YESUS, yaitu;
1.      Kefasikan (Maz 5:5), adalah lawan kata dari kebenaran dalam sifat dan kelakuan yang mencakup segala macam kejahatan. Sikap fasik adalah tidak menghiraukan Tuhan inilah bentuk dari kemerosotan moral. Dalam pengelihatan nabi Zakharia ada sebuah Gantang berisi kefasikan / kejahatan. Gantang adalah alat dari tanah liat yang digunakan pedagang untuk mengukur berat gandum.. Dapat di nyatakan bahwa pedagang yang tidak jujur, inilah sifat egois, mementingkan diri sendiri, tidak mengasihi sesama, tidak mengasihi Allah dan tidak takut pada Tuhan, dan hal ini mudah bisa ditemui dalam masyarakat jadi  tidak boleh dipandang remeh.
2.      Keinginan duniawi (1 Yoh 2:16). Dunia (Yun : Kosmos) seringkali menunjuk kepada system luas dari zaman yang dipromosikan oleh iblis berupa kesenangan duniawi yang jahat, tidak bermoral dan dosa kedagingan. Keinginan duniawi juga berupa roh pemberontakan atau ketidakacuhan terhadap Allah dan penyataan-Nya yang ada di dalam semua usaha manusia yang tidak dibawah kepemimpinan Kristus.
Akhir zaman ini semakin kuat pengaruh iblis yang menggunakan gagasan, moralitas, filsafat, psikologi, keinginan, pemerintahan, kebudayaan, pendidikan, sains, kesenian, obat-obatan, music, system ekonomi, sarana hiburan, media masa, agama, olahraga dan kesenian dst dari dunia ini untuk menentang TUHAN dan Firman-Nya agar melencengkan umat-Nya keluar dari standar kebenaran.
Sebagai contoh adalah iblis menggunakan ilmu kesehatan untuk membunuh bayi dalam kandungan, pertanian untuk menghasilkan narkotika, pendidikan yang mengajarkan filsafat humanistic yang menyesatkan dan media hiburan, internet dan lain-lain yang menampilkan pornografi. Generasi ini perlu lebih waspada menghadapi tipu daya iblis.
3.      Ketidaktaatan (Yes 1:19-20). Inilah orang yang tinggal dalam kegelapan, tidak takut akan Tuhan dan tidak mau mendengarkan suara hamba Tuhan karena itu mereka tidak taat, tidak menurut dan memberontak terhadap kebenaran. Nabi Yesaya mendesak agar orang yang mengandalkan Tuhan tetap setia kepada-Nya sekalipun mereka harus hidup dalam kegelapan kemurtadan bangsa suatu bangsa. (Yes 50:10-11). Orang yang berjalan dalam pikiran dan pengertiannya sendiri dan tidak tunduk, taat kepada Allah dan pernyataan Firman-Nya akan “berbaring di tempat siksaan”.
Allah itu Kasih, tidak ingin mengutuk dan membinasakan umat-Nya. Allah menawarkan pengampunan penuh (Yes 1:18), yaitu jika kita mau bertobat, membuang kejahatan, berusaha keras melakukan yang benar, dan menaati Firman-Nya (Yes 1:16-19). Pengampunan  Allah tersedia bagi semua orang, yang sekalipun telah berbuat dosa tapi mau mengakui dosa-dosa mereka, bertobat dan menerima penyucian Allah melalui darah Yesus Kristus (Luk 24:46-47; 1Yoh 1:9). Tetapi orang yang menolak kemurahan Allah Allah dan malah memilih untuk mengikuti jalannya sendiri dalam pemberontakkan dan ketidaktaatan akan dibinasakan-Nya dalam neraka kekal. (Yes 1:20).
Tuhan YESUS memberkati.

Pesan Pastoral : 17 Maret 2013
Anak Allah marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” (Semangat, Antusias, Dinamis, Agresif dan Radikal) yaitu selalu memberikan yang terbaik kepada Tuhan.
Jemaat Tuhan, waspadalah terhadap kejahatan di sekitar kita, dunia memang semakin gelap tapi kita harus semakin terang, oleh karena itu mendekatlah kepada TUHAN jauhilah kejahatan, biarkan Tuhan Yesus dengan kebenarannya berotoritas (berkuasa) penuh atas hidup kita.
God bless you.

Winner Voice
Tuhan Yesus memberikan terang sorga, sangat bodoh kalau memilih kegelapan dunia.


No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...