Saturday, November 24, 2012

PENUAI BERSUKACITA DALAM PENGHARAPAN(

(Roma 12:12)

Seorang petani saat melihat padi yang telah ditanamnya akan memiliki pengharapan yang besar atas hasil panen yang melimpah, pikirannya akan dipenuhi dengan berbagai keinginan untuk membeli atau mendapatkan barang yang baik hasil dari panen yang akan di tuainya, apalagi saat melihat padi yang telah menguning untuk di tuai pasti menimbulkan sukacita yang semakin besar atas pengharapan bahwa sebentar lagi atau segera melakukan panen sawahnya.
Demikian pula dengan kita pada saat ini boleh menaruh pengharapan yang besar atas panen jiwa yang telah dijanjikan oleh TUHAN pada akhir jaman. Orang percaya patut bersukacita karena inilah saatnya kita menuai dari apa yang telah tertanam pada masa lampau. (Yoh 4:35-38). Bahkan pada akhir jaman ini tuaian pasti sangatlah besar, karena itu kita patut berdoa sungguh-sungguh supaya TUHAN mengirim pekerja-pekerja di ladang-NYA untuk melakukan tuaian jiwa-jiwa (Mat 9:35-38), karena Kristus menginginkan tidak seorangpun binasa (2Pet 3:9).
Saat ini bila mengalami kesesakkan baiklah kita bersabar dan tetap tekun berdoa. Tekanan pasti ada, orang percaya akan dihadapkan pada berbagai penderitaan sementara dalam dunia ini, tetaplah bersemangat dalam melayani TUHAN karena ada kemuliaan yang menanti sebagai upah (Rom 5:2). Bahkan kita dapat bermegah dalam kesengsaraan, karena dalam kesengsaraan kita dapat lebih tekun lagi dalam melayani TUHAN, dari ketekunan ini kita semakin tahan uji yang pada akhirnya menimbulkan pengharapan akan pertolongan TUHAN yang ajaib. Jangan takut karena pengharapan kita tidak akan sia-sia sebab kasih ALLAH telah dicurahkan dalam hati kita oleh ROH KUDUS yang dikaruniakan kepada kita. (Rom 5:3-5)
Orang percaya dapat saja mengalami pencobaan seperti tekanan kebutuhan keuangan atau jasmaniah, keadaan yang kurang menguntungkan, kesusahan, penyakit, penganiayaan, penyalahgunaan, atau kesepian. (Ayub2;7-8). Tetapi oleh kasih karunia ALLAH membuat kita dapat memandang melewati persoalan kita kepada suatu pengharapan yang sungguh dalam ALLAH dan kedatangan TUHAN YESUS ke dunia ini menegakkan kebenaran dan kekudusan di langit baru dan bumi yang baru. (1Tes 4:13; Wah 19-22). Sementara itu ALLAH telah mencurahkan kasih-NYA oleh dalam diri kita oleh ROH KUDUS untuk menghibur dan menolong kita menghadapi penderitaan serta mendekatkan kehadiran KRISTUS (Yoh 14:16-23).
Dalam masa-masa sulit, bagi orang yang percaya kepada TUHAN YESUS kasih ALLAH selalu tercurah. ROH KUDUS akan terus menerus membanjiri hati kita dengan kasih-NYA yang memberikan pertolongan dan penghiburan. Pengalaman akan kasih ALLAH yang senantiasa hadir akan menopang kita dalam penderitaan dan menyakinkan kita bahwa pengharapan kita akan kemuliaan yang akan datang bukan harapan kosong. Kedatangan TUHAN YESUS kedua kali di akhir jaman ini adalah pasti (Rom 8;17; Maz 22:5-6; Yoh 14:3).
Sekarang kita harus tetap tekun melakukan bagian kita dalam melayani TUHAN, jangan takut dan gentar karena ALLAH selalu beserta kita, terlebih khusus karena kita sedang melakukan penuaian jiwa diakhir jaman ini. (Mat 28:18;20). Marilah kita bersuka cita sebagai penuai jiwa diakhir jaman. Amin.
TUHAN YESUS memberkati.

1 comment:

Anonymous said...

Luar biasa... sungguh memberkati bagi yang membacanya. Terima kasih GBI Bawangan... sukses selalu didalam Tuhan kita Yesus. GBU all.

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...