Friday, November 2, 2012

PENGHIBURAN BAGI UMAT ALLAH.


Zakaria 1:16-17; Yesaya 40:1

Jikalau kita sedang mengalami kesukaran hidup yang besar dan mengetahui bahwa Tuhan Yesus adalah Kristus yang artinya adalah Juruselamat, kita dapat berdoa kepada ALLAH untuk membebaskan kita dari kesukaran itu atau untuk menyertai dan menolong kita di tengah-tengah kesukaran tersebut. Mengetahui hal demikian sebenarnya sebuah penghiburan besar bagi kita orang percaya, karena Tuhan selalu menyediakan jalan keluar dari setiap permasalahan yang kita hadapi.
Pernahkah kita menyadari bahwa menghibur kita adalah tugas ALLAH dan menjadi kesukaan-Nya untuk menolong kita keluar dari kesukaran hidup ?. Kata menghibur (Yun : Paraklesis) berarti berdiri disisi seorang sambil mendorong dan menolongnya pada saat kesukaran. Secara luar biasa Allah melaksanakan peran ini, sampai ALLAH mengutus ROH KUDUS-NYA kepada anak-anak-NYA untuk menghibur kita. (Yoh 14:16)
Allah Bapa di sebut sebagai Allah sumber segala penghiburan. (2 Korintus 1:3), Rasul Paulus telah belajar dalam banyak kesukaran yang dialaminya bahwa tida ada penderitaan sekalipun sangat hebat, yang dapat memisahkan orang percaya dari pemeliharaan dan belas kasihan Bapa Sorgawi. (Roma 8:35-39). Kadang-kadang ALLAH mengijinkan kesukaran menimpa kehidupan kita supaya kita, setelah mengalami penghiburan-Nya, dapat pula menghibur orang lain yang dalam kesukaran.
Menghibur semua orang berkabung adalah ciri khas pelayanan Tuhan Yesus Kristus (Yes 61:2; Lukas 4:18-19. Tuhan Yesus menerangkan maksud pelayanan-NYA di dunia yang diurapi ROH, yaitu; untuk menyampaikan kabar baik kepada orang miskin, papa, menderita, hina, patah semangat dan hancur hati. Tuhan Yesus juga menyembuhkan orang sakit dan memulihkan keadaan orang yang tertindas. Untuk mencelikkan mata rohani mereka yan dibutakan oleh dunia dan iblis agar mereka dapat melihat kebenaran kabar baik Allah. (Yoh 9:39). Tuhan Yesus juga memberitakan saat pembebasa dan penyelamatan yang sesungguhnya dari kuasa iblis, dosa, ketakutan dan rasa bersalah. (Yoh 8:36; Kis 26:18)
ROH KUDUS di sebut Penolong (Penghibur)_ (Yoh 14:16, 26; 15:26; 16:7). Kata Penolong di sini berarti “seseorang yang dipanggil untuk mendampingi agar menolong”. Secara luas kata ini (Yun: Parakletos) berarti : penasihat, penguat, penghibur, penolong, pembela, Juruselamat, sekutu dan sahabat. Setiap orang Kristen yang percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Jurus selamat pasti memiliki Roh Kudus yang berdiam di dalam diri-nya dan Roh Kudus adalah penolong dan Jurusyafaat yang tinggal di dalam kita di bumi ini. (Roma 8:9, 26; 1Kor 3:16; 2Kor 6:16; 2Tim 1;14). Disaat kesulitan hidup secara nyata muncul maka Roh Kudus pasti mendampingi kita untuk memberikan penghiburan dan pertolongan.
Kita harus mulai dengan berdoa walaupun tidak terdengar indah namun hanya berupa keluhan-keluhan tak terucapkan dalam hati, Tetapi karena saat kita berdoa maka, Yesus di sorga juga berdoa membela hidup kita (Roma 8:34), dan disaat yang sama Roh Kudus juga berdoa di dalam diri kita. Roh Kudus sendiri “mengeluh, mendesah dan menderita di dalam kita serta mendambakan hari akhir penebusan (Roma 8:23-25). Roh Kudus memohon dengan kuat kepada Bapa untuk keperluan kita “sesuai dengan kehendak Bapa” (Roma 8:27).
Akhirnya inilah bagian yang menghibur kita karena Allah Bapa akan mendatangkan kebaikkan dari semua kesesakkan, pencobaan, penganiayaan dan penderitaan yang kita alami. Hal ini bagi maksud yang mulia dan bagi kemuliaan Allah Bapa sendiri. (Roma 8:28). Amin
Tuhan Yesus Memberkati.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...