Friday, November 2, 2012

GADA DAN TONGKAT PENGHIBURAN


Mazmur 23:4

Dalam setiap situasi kehidupan, khususnya di saat-saat ada kesulitan, menghadapi bahaya, bahkan kematian. Banyak orang menjadi takut dan kehilangan damai sejahtera, tidak jarang banyak pula yang tertekan jiwanya dan menjadi putus asa. Tetapi bagi kita orang yang percaya kepada Allah yang Maha Kuasa tidak akan kehilangan pengharapan karena ALLAH akan menjadi penolong yang setiawan. (Maz 42:12)
Raja Daud sangat memahami kondisi semacam ini, karena sejak masa muda, raja Daud banyak mengalami kehidupan yang penuh dengan bahaya dan ancaman maut. Tetapi dengan kesadaran akan penyertaan Tuhan membuat dia tidak kuat dan dapat melewati masa sukar. Raja Daud dengan tepat menggambarkan penyertaan ALLAH dalam sebuah Mazmur yang berkata “Tuhan adalah gembala-Ku”.
Pada ayat keempat dari Mazmur 23 terdapat dua hal yang membuat Raja Daud tetap merasakan penghiburan ALLAH di masa- masa sukarnya, yatu : Gada dan tongkat, kita akan berlajar tentang hal ini.
Gada adalah tongkat pendek yang bagi gembala menjadi senjata pertahanan saat menghadapi bahaya seperti binatang buas. Gada ini juga melambangkan kekuatan, kuasa dan wibawa ALLAH dalam mendisiplin hidup kita.
Marilah kita hidup dalam disiplin rohani yang baik yang membauat hidup kita dapat menyenangkan hati Tuhan. Hendaknya hidup kita tertib; ada keteraturan dalam membaca Firman Tuhan, berdoa, dan puasa, jangan kita lupa untuk terus memuji dan memuliakan Tuhan serta dalam kesibukkan aktivitas pekerjaan haruslah kita tetap mengutamakan Tuhan dalam ibadah bersama yang sudah ditentukan-Nya bagi kita. Karena adalah baik bila kita tidak terkena gada atau pukulan disiplin yang mengingatkan kita kembali pada kebenaran. (Kel 21:20-21; Ayub 9:34)
Di akhir jaman, Tuhan Yesus menerapkan disiplin rohani dengan ketat, DIA yang akan mengembalakan bangsa-bangsa dengan gada besi (Wahyu 12:5; 19:5). Tetapi bagi gereja yang telah tertib hidupnya akan mendapat perlindungan dan pemeliharaan dari ALLAH. Bagi bangsa-bangsa yang hidup tidak tertib, yang tidak tinggal dalam disiplin rohani seperti yang dikehendaki ALLAH dalam Tuhan Yesus Kristus akan mengalami kehancuran oleh pukulan gada besi (Kedisiplinan Rohani).
Tongkat adalah tongkat ramping panjang yang salah satu ujungnya melengkung. Tongkat dipakai gembala untuk mendekatkan domba-domba, menuntun pada jalan yang benar dan berguna untuk menyelamatkan domba-domba dari kesulitan.
Tongkat adalah kasih Tuhan dalam mendidik kita. (Ams 13:24) Didikan akan membuat kita lebih pandai (Ams 22:15) dan lebih cerdas menyikapi kehidupan ini (Ams 29:15).
Di akhir jaman Tuhan Yesus akan memerintah dengan tongkat besi yang berarti akan ada didikan yang keras agar gereja kembali kembali kepada kebenaran (Why 2:27; Ibr 1:8). Bagi gereja yang tetap berpegang pada kebenaran sampai Tuhan Yesus datang (Why 2:25) akan dikaruniakan kuasa atas bangsa-bangsa. Selayaknya kita bersukacita dengan adanya gada dan tongkat Allah yang menjamin kasih dan bimbingan ALLAH dalam kehidupan kita. (Maz 71:21; 86:17.
Tuhan Yesus Memberkati.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...