Monday, August 27, 2012

MENERIMA KUASA


Kisah Para Rasul 1:8

Kehidupan manusia dikelilingi oleh berbagai macam kuasa yang saling berhubungan. Disadari ataupun tidak maka kita telah menggunakan kuasa atau dikenakan kuasa yang membuat kita harus melakukan sesuatu dibawah tekanan.  Kuasa adalah kekuatan, dan di dunia ini ada banyak kuasa seperti kuasa ekonomi, kuasa budaya, kuasa politik, kuasa militer, kuasa agama,  dan lain-lain. Dari banyak kuasa yang kita kenal ada kuasa besar yang lain yang melampaui semua kuasa yang ada yaitu kuasa rohani.
Orang Kristen sangat beruntung karena Allah sendiri memberikan kuasa-NYA melalui ROH KUDUS. Inilah kuasa yang memampukan, kuasa yang  menembus, kuasa yang melepaskan, kuasa yang menciptakan dan kuasa yang memberikan daya kreatifitas yang semuanya memungkinkan kita untuk menggenapi seluruh kebenaran Firman Tuhan serta menjadikan kita sebagai saksi TUHAN YESUS. Roh Kudus memberikan kita kuasa supaya kita:
1.      Memiliki Pandangan Baru.
Roh kudus akan menuntun kita untuk memiliki pandangan pada kebenaran Firman Tuhan yaitu suatu pandangan yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telingga dan dipahami oleh hati kita (1Korintus 2:9). Roh Kudus sendiri yang menuntun kita melihat hal-hal yang tersembunyi dalam diri ALLAH (1Korintus 2:10), yang tetap menjadi rahasia bagi orang yang tidak mengenal dan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.
2.      Memiliki Pernyataan Baru.
Pernyataan baru yang merupakan perbuatan-perbuatan Allah yang dasyat dan luar biasa  yang  semuanya itu diperuntukan bagi umat manusia dari berbagai bangsa di dunia dan dapat dimengerti oleh semua bahasa (Kisah 2:8-11). Pernyataan baru itu sekarang dapat tersebar ke seluruh pelosok dunia baik dalam terjemahan ALKITAB dan teknologi informasi, namun hanya orang yang mendapat kasih karunia-NYA diberikan pengertian untuk kemudian percaya kepada Kristus dan mendapat keselamatan kekal.
3.      Memiliki Rasa Percaya.
Roh Kudus yang dapat memberikan rasa percaya kepada Tuhan Yesus Kristus (Kisah 4:33). Roh Kudus yang memberikan rasa percaya itu untuk memberitakan kabar keselamatan yang membuat seseorang bertobat dari dosanya yang kemudian berjalan dalam kebenaran. (Kisah 4:33). Roh Kudus pula yang membuat orang yang baru bertobat melakukan karya-karya keselamatan. (Kisah 2:37)
4.      Memiliki Kemampuan untuk Menjadi saksi Kristus.
Roh Kudus memberikan kemampuan kepada rasul Petrus untuk bersaksi dengan kuasa Ilahi (Kisah 2:22-36) demikian pula dengan para Rasul yang lainnya (Kisah 4:29). Walaupun saat itu para rasul dan orang percaya mengalami penganiayaan yang hebat dan terancam jiwa mereka, tetapi oleh Roh Kudus mereka tetap bersemangat memberitakan kabar keselamatan. (Kisah 5:42). Demikian pula dengan diri kita pada masa sekarang ini,  bila memang ROH KUDUS beserta maka kita akan selalu bersemangat menjadi saksi Kristus dimanapun dan kepada siapapun, khususnya dalam keteladanan hidup.
Marilah dengan sungguh hati kita memohon kepada TUHAN agar ROH KUDUS selalu memberikan kuasa-NYA dan kita meresponi dengan mengerjakan karya keselamatan.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...