Monday, August 27, 2012

MAKNA KEHADIRAN ROH KUDUS


Yehezkiel 36:26-38
Yohanes 14:15-31

Tuhan Yesus berjanji ketika naik ke Sorga adalah akan menyediakan tempat bagi setiap orang percaya dimana kita dapat tinggal dan memberikan Roh Kudus-Nya yang menjamin kita untuk tetap kuat berjalan dalam kebenaran sepanjang hidup sementara kita di dunia ini. (Yoh 14:19). Ini suatu yang luar biasa karena Tuhan Yesus akan selalu bersama kita dalam KekuasaanNya yang yaitu dalam keberadaan ROH KUDUS:
Kita saat ini bersyukur karena kehadiran ROH KUDUS secara pribadi, hal ini dapat memberikan dampak yang luas bagi kita, karena dengan kehadiran ROH KUDUS membuat kita lebih berani dan tetap bersemangat menatap masa depan. Belajar dari peristiwa angin sakal dimana murid-murid takut oleh ombak yang kemudian menjadi teduh oleh pertolongan TUHAN (Markus 6:45-48) dan saat murid-murid berusaha melayani seseorang yag sakit tapi tidak berhasil, segera dengan keberadaan Tuhan Yesus masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik (Markus 9:14-29). Semuanya itu memberikan pelajaran kepada kita pentingnya kehadiran Tuhan dalam ROH KUDUS sebagai penolong yang menyertai kita orang masa sekarang yang harus berhadapan dengan tantangan keras untuk tetap  hidup dalam kebenaran.
ROH KUDUS juga hadir sebagai guru yang mewakili TUHAN YESUS yang menolong kita pada masa sekarang untuk memahami apapun yang telah diajarkan oleh TUHAN YESUS, seperti disaat bersama-sama murid-murid saat itu. ROH KUDUS akan mengajarkan kepada kita berbagai kebenaran atas kehidupan, karakter dan hubungan yang harmonis dengan ALLAH BAPA dan terhadap sesama. Akhirnya ROH KUDUS pula yang menuntun kita kepada segala kebenaran (Yoh 16:13).
Kehadiran ROH KUDUS dengan wibawa-NYA menuntun kita saat sekarang seperti yang pernah dilakukan oleh TUHAN YESUS kepada murid-murid-NYA. Seperti TUHAN YESUS demikian pula  ROH KUDUS akan mengajarkan kepada kita kemana harus pergi, bagaimana seharunya melayani, apa yang harus dikatakan dan apa yang harus dilakukan secara tepat. ROH KUDUSlah yang mewakili TUHAN YESUS sebagai Penuntun bagi kita di generasi sekarang hingga kesudahan jaman. (Yoh 14:26).
Kehadiran ROH KUDUS penting di semua generasi terlebi dimasa jaman akhir, disaat waktu yang ada mengarah kepada kejahatan dan orang sudah kehilangan kasih yang murni. ROH KUDUS yang diberikan oleh TUHAN akan berdiam dalam batin kita (Yehezkiel 36:27), yang membuat kita hidup menuruti segala ketetapan dan peraturan TUHAN untuk dilakukan. Oleh karena itu pastikan kita memiliki hati yang baru, yang lembut dan taat sehingga ROH KUDUS mudah masuk dan memberikan pengaruh-NYA secara utuh.
Kehadiran ROH KUDUS yang berdampak akan membuat kehidupan kita diberkati secara luar biasa, kita akan tinggal dalam negeri yang luar biasa indah dan kaya (Yehezkiel 36:28), kita terlepas dari dosa dan kenajisan sehingga menambahkan hasil dari yang kita kerjakan yang membuat kita tidak kekurangan (Yehezkiel 36:29-30) dan ada pemulihan bagi seluruh bangsa (Yehezkiel 36:33-36).
Makna kehadiran ROH KUDUS pada akhirnya akan mengembalikan pandangan dengan segala hormat dan kemuliaan bagi Nama TUHAN YESUS sebagai Raja di atas segala Raja dan Juruselamat umat manusia. (Yehezkiel 36:37-38).
Tuhan Yesus Memberkati.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...