Tuesday, June 19, 2012

SIKAP MENGASIHI



(Ibrani 12:15)

Kita dipanggil dan diselamatkan oleh ALLAH bukan untuk menjadi alat kejahatan, tetapi menjadi saluran kasih Tuhan, karena itu kita harus terus terhubung dengan ALLAH yang adalah kasih (1Yoh 4:8 “Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih). Jika ada orang yang yang menjauhkan diri dari kasih ALLAH kemudian menjadi alat kerusuhan dan mencemarkan banyak orang, jelas ini sebuah kejahatan dimata TUHAN dan orang itu secara rohani telah gagal.
Kasih kita haruslah mengarah kepada kesempurnaan karena Allah kita sempurna dalam kasihNya. (Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.") bahkan kita juga harus menaruh kasih kepada musuh kita.
Sebagai orang Kristen yang terpanggil menjadi terang dan garam dunia oleh TUHAN YESUS, bukan hanya sekedar di dalam gereja atau komunitas kristiani saja tetapi jelas kita harus memiliki sikap kasih yang dapat ditunjukkan atau tampilkan kepada semua orang.
1.      Tampilkan sikap bersahabat (Amsal 18:24 “Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara.”)
Orang Kristen yang tidak bersahabat, membawa kekecewaan bagi orang lain, sikap bersahabat menyiarkan kasih ALLAH, sikap ramah dan penuh pengertian. Sikap bersahabat, menyiarkan kuasa Allah yang menciptakan kerinduan di dalam diri orang lain untuk menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat. (1Petrus 1:1)
2.      Tampilkan sikap peduli (Ibrani 10:24 “Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik”.)
Pada masa sekarang ini banyak orang kurang peduli. Mereka berusaha memaksakan ide dan pendapat mereka pada orang lain, bila ada tekanan maka yang muncul adalah pertengkaran, seharusnyalah kita sebagai orang Kristen dapat menghargai perasaan dan pendapat orang lain.
3.      Tampilkan sikap mengampuni (Matius 6:14 “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga”.)
Jika kita tidak mau mengampuni orang lain, Allah juga tidak akan mengampuni kita. Kita harus mengampuni, walaupun tidak ada permintaan pengampunan dari musuh kita. Pengampunan akan menciptakan damai, sukacita, kasih dan kesuksesan rohani.
4.      Tampilkan sikap setia (Wahyu 2:10b “Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan”.)
Kita harus setia kepada Allah dan pelayanan kepadaNya. Kesetiaan menciptakan keyakinan kepada Allah dalam diri orang lain. orang yang setia akan menerima mahkota kehidupan.
Sebagai orang Kristen kita harus dapat menghasilkan buah roh, sukar untuk dipahami bila seorang Kristen yang rajiin kegereja tetapi tidak berbuah hal ini dapat dilihat dengan tidak ada jiwa yang dapat dibawa kepada Tuhan. Janganlah hati kita dipenuhi oleh keinginkan yang berpusat kepada  hal-hal materi dan keuntungan yang sementara saja. Tapi marilah kita mengejar sesuatu yang bernilai rohani dan kekal (Matius 6:19-20)

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...