Saturday, April 28, 2012

MENGAPA HARUS KE GEREJA ?


Lukas 4:16-20

Stephen E. Kohn and Vincent D. O’Connell dalam bukunya 6 Habits Of Highly Effective Bosses mengatakan bahwa salah satu kebiasaan para pemimpin yang sangat efektif adalah kesadaran pribadi. Dan kebiasaan lahir dari kesadaran pribadi yang akan membuat orang tersebut setia sampai akhir.
Sekarang marilah kita belajar,  Tuhan Yesus mempunyai kebiasaan untuk datang ke Bait Allah (Lukas 4:16), Raja Daud juga punya kebiasaan yang sama yaitu suka datang ke Bait ALLAH (Maz 84:11), bayangkan bila seluruh jemaat Tuhan secara pribadi sadar akan pentingnya beribadah dan datang di gereja secara rutin, pasti gereja akan maju dengan pesat. Ada tiga alasan mengapa kita harus ke gereja ? kiranya hal ini dapat menyadarkan kita untuk lebih lagi antusias beribadah kepada Tuhan di dalam Bait- Nya.
1.      Gereja adalah tempat yang ideal untuk berdoa.
Berkat ditentukan oleh doa yang kita panjatkan (Matius 7:7-8), memang kita dapat berdoa dimana dan kapanpun, tetapi seringkali perasaan kita mudah terbawa situasi sehingga sukar untuk mendapatkan keintiman bersama Tuhan, bila suasana dan kondisi tidak mendukung. Hal inilah yang mendorong orang percaya untuk membuat tempat  khusus di mana kita dapat berhubungan dengan lebih intim dengan Tuhan tanpa gangguan-gangguan.
Jemaat awal di Yerusalem, mengalami kemajuan pesat karena mereka berdoa di rumah dan juga di dalam Bait Allah (Kis 2:42; 4:31). Doa pribadi dirumah itu penting, tetapi berdoa bersama di dalam gereja itu juga  penting, karena kekuatan kebersamaan akan lebih terasa, dan masing-masing jemaat dapat saling mendukung dalam doa.  (Mat 18:19)
2.      Gereja adalah tempat yang tepat menerima pengajaran dari Tuhan.
Inilah amanat yang penting diberikan kepada Gereja yaitu agar mengajarkan segala sesuatu yang telah Tuhan Yesus berikan kepada gereja-Nya. (Matius 28:20), dan gereja awal di Yerusalem maju dengan pesat karena jemaat bertekun dalam pengajaran para  Rasul (Kis 2:42).
Patut disayangkan pada masa sekarang bahwa ketika dunia informasi sangat terbuka lebar, sehingga orang mudah untuk mendapatkan informasi apapun juga, tapi hanya sedikit anggota gereja yang mau mendapatkan pengajaran dari Tuhan melalui hamba Tuhan, sedangkan pengajran rohani dapat menjadi penyeimbang atau penangkal informasi dunia yang seringkali menyesatkan dan membuat orang menjauh dari Tuhan. Marilah kita kembali kegereja di mana umat Allah berkumpul untuk menerima pengajaran yang menolong kita tetap berjalan dalam kebenaran-Nya. (Roma 15:4; Kis 2:46; 5:20).
3.      Gereja adalah tempat yang baik untuk memuji dan menyembah Tuhan
Allah tidak terikat waktu dan tempat dan benar kita dapat menyembah Tuhan dimana dan kapanpun juga. (Yoh 4:2-024), namun sangat penting  bagi kita untuk berkumpul bersama memuji Tuhan di gereja. (Maz 22:23; 26:12). Dan penting untuk jemaat berkumpul bersama menyembah Tuhan dan merasakan kehadiran-Nya. (Matius 18:20; Maz 11:4). Ada dimensi rohani tersendiri yang sangat luar biasa terbentuk bila dengan sepenuh hati dan dalam kesungguhan bersama-sama jemaat Tuhan memuji dan menyembah Tuhan.
Disinilah di dalam Gereja-Nya maka kuasa dan Anugerah Tuhan lebih terasa dan dapat dialami secara luas oleh semua orang yang bersatu berkumpul dalam perhimpunan untuk merasakan kehadiran ALLAH dalam ibadah yang menjadi dupa yang menyenangkan hati TUHAN.
Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...