Sunday, September 11, 2011

SUKACITA TUHAN YESUS

Yohanes 17:13

Dalam diri Tuhan Yesus Kristus ada sesuatu yang sangat kuat yaitu sukacita-Nya. Dan sukacita-Nya memberikan kekuatan kepada semua murid-murid bahkan sampai saat inipun Tuhan ingin supaya sukacita dari Nya dapat dimiliki oleh semua orang yang percaya. oleh karena itu kita patut untuk memahami bagaimana meraih sukacita dari surga ini.
Bahwa sampai saat ini mengapa orang kesulitan mendapatkan sukacita Tuhan ? Dosalah penyebab dari semua itu, sehingga karena dosalah orang merasa terteror rasa bersalah yang segera menyurutkan sukacitaitu (2Kor 5:21). Hal lain adalah kurang taat dalam melakukan kehendak ALLAH sehingga membuat persekutuan dengan ALLAH kurang kuat dan menyebabkan mujizat yang seharusnya dapat kita terima menjadi terkendala. (Yoh 4:34; 10:30).
Tuhan Yesus sangat menghendaki kita memiliki sukacita-Nya, sebab sukacita yang diberikan-Nya kepada kita tidak sama dengan sukacita yang dari dunia ini (Yoh 14:27). Sukacita dunia semu dan penuh dengan kebohongan, membuat hati nurani kita menjadi tumpul karena hanya ingin lepas dari persoalan hidup kemudian kita menghabiskan banyak biaya hanya sekedar memperoleh hiburan, sedangkan sebenarnya sukacita seharusnya muncul dari dalam hati dan tidak oleh tontonan atau kenikmatan yang pada prinsipnya pengaruh dari luar diri kita. Hanya Tuhan Yesus yang dari dalam diri kita dalam memunculkan sukacita sejati itu. Dan oleh karena sukacita dari Tuhan Yesus saja yang dapat membantu kita tetap kuat di dalam menghadapi penderitan hidup ini (Neh 8:11), jadi sekalipun ada persoalan dan permasalahan hidup kita tetap dapat bersukacita.
Pertanyaannya adalah bagaimana caranya kita dapat memperoleh sukacita tersebut ?.
Pertama adalah kita harus menyadari karunia keselamatan yang telah Tuhan Yesus kerjakan bagi kita (1Pet 2:10). Keselamatan tidak dapat dinilai dengan apapun karena keselamatan tidak mungkin terbayar oleh manusia dengan cara apapun, menyadari sesuatu yang bernilai sangat tinggi ada dalam kehidupan kita membuat bersukacita besar muncul dan segala hal seperti harta benda duniawi tidak mempunyai pengaruh lagi terhadap sukacita kita, seperti Ayub sekalipun kehilangan segalanya yang tampak yaitu harta, anak bahkan kesehatannya, dia tetap dapat bersyukur. (Ayub 1:21).
Kedua, kita menyadari kasih-Nya yang selalu menyertai kita (Roma 8:37). Bila kita taat kepada-Nya bukan berarti kemudian kita dapat lepas dari persoalan hidup, tetapi oleh karena kasih-Nya maka segala yang tampak buruk dalam hidup kita diubahkan menjadi kebaikkan dan janji-Nya adalah di setia menyertai kita (Rom 8:28). Hal ini membuat kita merasa aman dan tenang saat menghadapi persoalan hidup yang tentu saja membuat sukacita besar muncul dari hati setiap kita yang percaya.
Ketiga adalah saat kita tetap percaya pengharapan kita kepada TUHAN yang pasti memberikan pahala dan janji-janji-Nya yang pasti pula kita terima (Titus 3:6). Pengharapan akan hasil yang pasti di peroleh, seperti mengerti melihat film yang sudah diketahui hasil akhirnya. Yang dalam Tuhan akan ada akhir yang bahagia.
Bukankan luar biasa sukacita dari TUHAN YESUS KRISTUS ? marilah kita meraihnya sekarang. 
Tuhan Yesus memberkati

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...