Friday, June 17, 2011

BERGANTUNG SEPENUHNYA PADA TUHAN

Mazmur 62:1-13

Daud masih sangat muda ketika menjadi gembala domba, karena itu adalah pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh orang yang telah dewasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tentu saja pekerjaan itu sangat beresiko tinggi karena harus menghadapi tantangan berupa binatang buat dan perompak. Dan daerah penggembalaan itu di sekitar Yerusalem dan Gasa yang merupakan daerah yang rawan dan berbahaya sekali, tetapi dari tempat itu pula Daud menciptakan Mazmur 23 yang mengungkapkan bahwa Tuhan adalah Gembalaku yang baik.
Daud juga mengalami pencobaan pembunuhan yang dilakukan dua kali oleh Saul, dalam jarak yang dekat Saul melemparkan tombaknya, tetapi oleh karena perlindungan dan pertolongan Tuhan maka Daud tetap selamat. Hal ini diungkapkan Daud karena percaya bahwa “Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari padaNyalah keselamatanku”.
Mazmur ini mengungkapkan  suatu kebenaran yang mendasar yang denganya setiap orang percaya harus hidup. Ditengah-tengah kesulitan, kesengsaraan atau pertentangan dari musuh, kita harus berbalik kepada ALLAH sebagai perlindungan dan pelepas yang tertinggi. Setiap orang percaya yang mengandalkan ALLAH harus dapat mengatakan; bahwa semua kesulitan, krisis atau penderitaan bagaimanapun tidak akan menggoyahkan kepercayaan kita kepada ALLAH. (ayat 3; 7). Kepercayaan kita adalah bahwa bukan saja keselamatan selalu datang dari Tuhan (ayat 2) juga karena Tuhan sendirilah yang menjadi batu karang, keselamatan dan perlindungan kita. (ayat 7-8). Yang perlu dipahami adalah bahwa pencobaan yang kita alami tidak selalu membuktikan hubungan kita dengan Tuhan tidak harmonis karena pencobaan adalah hal biasayang akan dialami oleh setiap orang yang percaya. (1Korintus 10:13).
Saat kekuatiran dan merasakan ancaman atas hidup, kita akan lebih berserah kepada Tuhan dan dengan doa yang sungguh-sungguh mencurahkan isi hati kepada ALLAH saja. (Filipi 4:6). Kita akan terus menantikan Tuhan bertindak segera menolong kita, yakin bahwa Tuhan akan menanggapi dengan kasih-Nya yang besar terhadap keadaan kita. (Ayat 12-13).
Kepercayaan kita diatas akan membuat kita merasakan ketenangan bahwa Tuhan adalah kota dan benteng kita (Maz 91) tidak tidak kuatir lagi, percaya bahwa ALLAH tidak tidur sehingga keselamatan kita juga menjadi kepentingan ALLAH pula.
Kita akan merasakan perlindungan ALLAH secara nyata karena ALLAH selalu peduli dengan kita. Mungkin banyak orang menganggap kita sedang mengalami keberuntungan semata, tapi iman percaya kita berkata bahwa semuanya itu terjadi karena rancangan ALLAH, yang melindungki kita dari berbagai kesulitan hidup.
Hal indah lain saat kita benar bergantung sepenuhnya kepada ALLAH maka hidup kita kokoh dan tidak goyah lagi. (Mazmur  66:9) Kita akan tegap berdiri untuk menghadapi setiap tantangan kehidupan dengan lebih semangat dan optimis. Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...