Friday, July 4, 2014

JANGAN PERCAYA PADA SETIAP “roh”




1 Yoh 4:1-3

Roh Kudus memberi kehidupan untuk setiap orang percaya tetapi “roh jahat” memberi kematian kepada setiap orang yang mempercayainya juga (Yoh 10:10). Bagi anak Tuhan yang tidak memahami kebenaran Firman Tuhan maka akan mengalami kesulitan untuk membedakan manakah Roh Kudus dan manakah yang roh jahat. Dari kebanyakan orang pada umumnya hanya mampu melihat berdasarkan “fenomena” yang tampak sebagai sesuatu yang luar biasa dan spektakuler sehingga seringkali terpedaya oleh roh jahat.
Situasi ini seringkali sekarang dimanfaatkan oleh orang-orang yang dipakai oleh roh jahat untuk menjebak orang percaya baru tersesat dan semakin menjauh dari Tuhan. Sekalipun yang tampak adalah seperti seorang Kristen sejati dengan berbagai ritual keagamaan sebagai mana ibadah yang tetap dilakukan, tetapi secara roh sebenarnya telah jauh dari kebenaran. Demikianlah guru-guru palsu dan nabi-nabi palsu bekerja untuk menyesatkan banyak orang percaya yang tidak memiliki banyak pengertian tentang kebenaran Firman. Penyesatan semakin kuat terjadi dalam gereja apabila toleransi terhadap ajaran yang tidak Alkitabiah akan  meningkat menjelang akhir zaman. (Mat 24:11; 1Tim 4:1; 2Tim 4:3,4; 2Pet 2:1,2)
Kita diperintahkan untuk menguji roh dari setiap guru, pengkotbah, penulis buku dan para pejabat pendeta.  Kita harus menuntut setiap pekerjaan dan pemberitaan Injil dari seseorang haruslah berasal dari ROH KUDUS. Kita sama sekali tidak boleh menganggap semua pelayanan atau pengalaman rohani sebagai berasal dari Allah, sekalipun ada “nabi” yang menyatakannya demikian. Tidaklah benar kita mempercayai ajaran yang menyatakan bahwa bukti adanya ROH KUDUS dengan melihat keberhasilan, kekayaan, mujizat, dan yang tampak seperti “pengurapan” dan manifestasi roh. (Mat 7:22; 1Kor 14:29; 2Tes 2:8-10; 2Yoh 7; Why 13:3; 16;14; 19:20).
Bagaimanakah  kita dapat menguji roh – roh itu, apakah benar dari ROH KUDUS atau sebaliknya dari “roh jahat” ?;
1.      Semua pengajaran harus diperiksa menurut pernyataan kebenaran Allah dalam Alkitab. (Gal 1:9). Oleh karena itu orang percaya harus memiliki kerinduan untuk disiplin merenungkan kebenaran Alkitab. Ikutilah pendalaman Alkitab yang akan menambah pengertian akan kebenaran secara baik dan sistematis.
2.      Tetap waspada terhadap ajaran orang yang mengatakan telah menerima langsung dari Roh Kudus atau malaikat, baik melalui pernyataan, inspirasi maupun secara mimpi. Tetapi hal ini tidak dapat di konfirmasi kebenarannya berdasarkan Alkitab. Roh pengajaran haruslah diuji apakah pengajaran itu memiliki penekanan yang sama seperti yang tertulis dalam Alkitab dan sesuai dengan ajaran para Rasul dalam Perjanjian Baru.
3.      Kita harus pandai menilai kehidupan, buah apakah yang dihasilkan oleh seseorang akan menjadi tanda yang baik bagaimana ROH KUDUS berperan. Orang yang dikuasai oleh roh jahat akan tampak dari kehidupan sehari-hari yang senantiasa terhubung dengan keduniawian dan dosa. (Gal 5:19- 21; Rom 10:9). Orang yang dipenuhi oleh ROH KUDUS akan senantiasa menghasilkan buah-buah roh yang dapat dinikmati oleh banyak orang. (Gal 5;22-23).
Tuhan Yesus memberkati.

Pesan Pastoral : 25 Mei 2014
Jemaat Tuhan marilah kita melakukan revolusi rohani. Jadilah “SADAR” dengan selalu  memberi diri yang terbaik kepada Tuhan.  Ada banyak penyesatan dalam gereja sehingga membuat rapuh sendi-sendi gereja. Marilah kita meningkatakan kewaspadaan diri dengan merenungkan Firman Allah dan terus berdoa agar kita tidak ikut disesatkan.

Winner Voice
ROH KUDUS memberikan kehidupan yang terpimpin sesuai dengan kebenaran ALKITAB

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...