Saturday, March 3, 2012

BAIK HATI


Filipi 4:5

Sikap hati inilah yang seharusnya dipunyai oleh semua orang Kristen yaitu baik hati, karena demikianlah Tuhan Yesus memberikan teladan-Nya. Secara khusus Tuhan Yesus juga memberikan pengajaran dalam perumpamaan “Orang Samaria Yang Baik Hati” (Lukas 10:25-37), mengajarkan kita bila ingin menikmati kehidupan dengan penuh sukacita, berarti dan dipenuhi dengan berbagai berkat ALLAH yang melimpah, maka kita harus belajar untuk menjadi orang baik dengan belajar memberi dan menolong sesame dengan ketulusan hati tanpa memandang latar belakang orang yang akan ditolong.
Banyak orang Kristen yang sibuk dengan kepentingan dan kesenangan diri sendiri dan lupa menolong orang lain, seperti tempat penampung air tanpa saluran buang, banyak orang rindu untuk menerima berkat Tuhan tetapi tidak mau memberi. Mereka lupa bahwa hanya denganjalan menolong maka mereka tertolong (Galatia 6:2), dengan jalan bermurah hatilah mereka mendapatkan kemurahan ALLAH (Matius 5:7) dan dengan jalan memberilah mereka mendapatkan berbagai kasih karunia dan pemberiran-pemberian ALLAH (Lukas 6:38).
Orang Kristen harus memiliki hati yang siap menolong setiap orang lain yang memerlukan pertolongan. Walaupun keselamatan kita dapatkan secara Cuma-Cuma dan bukan melalui pekerjaan baik dari kita, namun keselamatan yangkita dapatkan menodorong kita untuk berbuat baik. (Efesus 2:8-10).
Orang Kristen harus baik hati sebab mengasihi sesama merupakan perintah dari ALLAH sendiri (Imamat 19:17-18; Matius 22:39; Galatia 5:14; Yakobus 2:8).
Orang Kristten yang berbuat baik kepada sesama merupakan tanda yang layak untuk disebut sebagai anak-anak ALLAH (1 Yohanes 5:2). Orang Kristen yang berbuat baik adalah orang yang telah berjalan dalam terang ALLAH (1Yohanes 2:10) dengan demikian secara otomatis akan mengalami kasih ALLAH sendiri (1Yohanes 4:11).
 Orang Kristen yang berbuat baik kepada sesama adalah kesaksian yang tidak terbantahkan bagi dunia bahwa ALLAH itu baik adanya. (Mazmur 100:5). Memang kita diwajibkan untuk menjadi saksi Tuhan (Kis 1:8) dan ini merupakan perintah Tuhan Yesus Kristus yang terbesar yang sangat dikenal sebagai AMANAT AGUNG TUHAN YESUS KRISTUS. (Matius 28:18-20). Salah satu cara untuk menjadi saksi Tuhan adalah dengan saling mengasihi (Yohanes 13:34-35) dan mulailah dengan diri sendiri dengan berbuat baik kepada sesama.
Baiklah kita sebagai orang Kristen kita bersedia berbuat baik yang didasari oleh hati nurani yang tulus iklas dan bukan untuk mendapatkan pujian, tapi biarlah hanya ALLAH bapa saja yang di surga yang melihat perbuatan baik dan membalaskan segala kebaikkan dalam diri kita. (Matius 6:3). Amin.
Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...