Sunday, March 18, 2012

APAKAH ARTI HIDUPKU ?


Yakobus 4:14

Dalam Lukas 16:20-25, Tuhan Yesus memberikan perumpamaan tentang orang kaya dan Lazarus, ini sebuah pelajaran penting karena ternyata sekalipun miskin Lazarus dikenali namanya oleh Tuhan dan dia akhirnya berada dalam pankuan Bapa Abraham, sedangkan orang kaya tidak di kenali dan akhirnya berada di tempat siksaan kekal. Intinya dalah bahwa dalam kehidupan janganlah kita sekedar mencari uang, harta, kemasyuran dan ketenaran duniawi, tetapi sebaliknya kita harus berusaha mencari Tuhan dan perkenan-Nya. Sangat tidak bijaksana bila kita hanya mengejar yang sementara dan melupakan yang kekal. Sepanjang hidup kita harus mengejar kehendak ALLAH untuk kita lakukan dan menangkap Anugerah terbesar yaitu keselamatan dan tetap mempertahankannya, inilah arti hidup yang sesungguhnya.
Kehidupan kita singkat seperti uap (Yak 4:14) atau seperti bayangan yang berlalu (1 Taw 29:15) dan selangkah saja kita menuju kepada kematian (1Sam 20:3). Tetapi kita dapat memiliki hidup yang panjang bila menghormati orang tua (Kel 20:12; Ul 5:16), memelihara hukum ALLAH (Ul 4:40) dan kita akan panjang umur bila kita mau menghargai mahluk TUHAN (Ul 22:6-7). Pendek atau panjang masa hidup kita namun yang lebih penting adalah karena kehidupan merupakan pemberian ALLAH, dan ALLAH pula yang merancang serta pengatur kehidupan kita, (Kej 2:7; Maz 68:20), karena itu marilah kita memiliki sikap bertanggungjawab terhadap kehidupan yang telah Tuhan percayakan.
Ketika kita menerima Tuhan Yesus (1Yoh 1:12) dan berkomitmen untuk melayani-Nya dengan sepenuh hati (Lukas 9:23), ada sebuah tantangan dalam kehidupan berarti yaitu bila kita menerima Kristus dan bersedia melayani-Nya maka kita akan bersedia pula melakukan kebaikkan kepada semua orang (Gal 6:10). Inilah kehidupan yang  berarti secara maksimal.
Suka dan duka dalam menjalani kehidupan dihadapi oleh semua orang, tetapi bagi orang Kristen selalu ada yang special karena sekalipun dalam kekurangan kita tetap saja ALLAH mengenali anak-anaknya dan tidak akan tinggal diam, ALLAH selalu ingin kita mengetahui betapa DIA sangat mengasihi kita dengan segala kekurangan yang kita sandang.
Tidak peduli dengan semua kekurangan kita sekarang ini asal tidak meninggalkan TUHAN maka selalu ada harapan kepada kebaikkan, karena TUHAN Yesus datang kedunia supaya kita hidup dan hidup dalam segala kelimpahan, (Yoh 10:10). Lebih jauh adalah bahwa ALLAH menjanjikan hidup kekal (Yoh 10:28) dan Tuhan Yesus Kristus menjamin hal ini  (Fil 1:6).
Inilah kehidupan yang berarti yaitu bila kita tetap didalam TUHAN, karena di luar dia kita tidak dapat berbuat apa-apa, dan kehidupan kita tidak hanya berarti sekarang  ini saja tetapi juga demi kehidupan kekal yang akan datang, karena itu pastikan kita selalu dapat menjawab pertanyaan ini yaitu; “apakah arti hidupku
Tuhan Yesus memberkati.

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...