Saturday, August 20, 2011

DOSA MUSUH MANUSIA

Yakubus 4:7

Allah bukanlah penyebab dari dosa, Allah itu kudus dan benar yang membenci dosa dan kefasikan (ayub 34:10; Yes 6:3; Ul 32:4; Maz 92:16), sehingga kita jangan menjadi sesat karena Allah bukanlah pihak yang bertanggungjawab terhadap timbulnya dosa.
Dosa itu berasal dari dunia malaikat. Allah menciptakan segala sesuatunya baik (Kej 1:31) termasuk juga malaikat, akan tetapi ada peristiwa kejatuhan terjadi dalam di dunia malaikat dimana banyak legion malaikat yang ikut jatuh yang terjadi sebelum dunia ini di jadikan (Yoh 8:44), Yesus menyebut  iblis berdosa dari mulanya (1Yoh 3:8) dan Iblis sebagai pembunuh manusia sejak semula,  jadi jelas bahwa iblis adalah penyebab dari dosa.
Penyebab kejatuhan malaikat adalah kesombongan yaitu ingin menjadi seperti ALLAH dalam kuasa dan otoritas, dimana mereka tidak taat pada batas-batas kekuasaan (Yud 6). Rupanya malaikat yang jatuh itu tidak puas dengan apa yang telah diberikan Allah untuk menjadi bagian mereka. (Yeh 28:1-9) dan Yes 14:4-23). Jadi sombong dan dan tidak puas dengan keadaan yang telah diberikan ALLAH dalam hidup adalah cobaan yang juga dialamatkan kepada Adam dan Hawa (Kej 3:5) dan jelas sampai sekarang tetap relevan bagi kita (1Tim 3:6).
Pelanggaran Adan dan Hawa di taman Aden adalah awal dosa manusia, dimana iblis datang menggoda dan membujuk agar manusia melanggar larangan yang diberikan oleh ALLAH dengan harapan supaya dapat menjadi seperti ALLAH. Dosa ini menjadi kotoran permanen yang mempengaruhi seluruh keturunan Adam.
Adam sebagai bapak semua umat manusia menurunkan kodrat dan sifat yang telah tercemar oleh dosa (Ayub 14:4). Ada dosa keturunan dari Adam (Roma 5:12) mengakibatkan kesalahan ini membawa hukuman dari ALLAH, namun semua orang dapat dibenarkan bila percaya kepada Kristus (Roma 5:18-19).
Karena dosa bertujuan untuk melawan ALLAH (Maz 51:6) oleh karena itu cara kita melawan dosa adalah menjadi taat dan tetap setia kepada ALLAH, sehingga hidup kita tidak salah sasaran atau menyimpang dari tujuan dan maksud ALLAH , baik dalam bentuk keadaan (sikap hati) maupun perbuatan.
Dosa bukan hanya berkaitan dengan pelanggaran saja, atau berbagai aturan, kesusilaan, ahklak dan kesopanan tetapi telah dari itu yaitu hubungan manusia dengan ALLAH. Segala perbuatan jahat adalah dosa tapi oleh karena ALLAH Maha Kasih maka hidup manusia sangat bergantung oleh kasih karunia-Nya. Perbuatan yang kelihatan baik dapat saja menjadi dosa dihadapan ALLAH karena menolak kasih karunia (Contoh  : doa pemungut cukai lebih diterima dari pada orang golongan Farisi – Mat 9:11-12)
ALLAH merindukan keadaan manusia baik seperti saat pertama diciptakan, oleh karena itu semua hal dapat dikorbankan dan telah dibuktikan dengan salib Kristus. Respon manusia adalah menerima dengan segera kasih karunia yang diberikan akan segera kembali hidup dalam kemenangan atas dosa.
Tuhan Yesus memberkati

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...