Saturday, November 5, 2011

CEK UP ROHANI

2 Korintus 13:5

Rohani kita harus mengalami pertumbuhan menuju kepada kedewasaan rohani (1Kor 3:1; Ibr 5:14) dan berusaha menjadi sempurna di dalam Tuhan (2Kor 13:11). Untuk mencapai kesehatan rohani yang baik maka di perlukan cek up atas rohani kita  dengan meneliti keadaan pikiran dan iman kita (Maz 139:23; 2Kor 15:5). Dibawah ini adalah cara sederhana untuk membuktikan bahwa pikiran dan iman kita sedang keadaan baik atau buruk ;
a.       Apakah kita suka mengkritik ? (Yak 3:3-5). Ada banyak orang yang kegemarannya adalah mengkritik orang lain tanpa memberikan solusi, semuanya diberikan komentar dari sisi yang negative baik orang ataupun peristiwa baik yang telah terjadi bahkan yang belum terjadi. Roh mengkritik akan menghancurkan persekutuan dan tidak menguatkan orang lain bahkan mengakibatkan banyak perpecahan. (Yak 3:13)
b.      Apakah kita seorang yang masa bodoh ? (Ef 5:14). Sikap masa bodoh membuat kita menjadi pribadi yang tidak produktif sehingga menghambat kita untuk mengalami kemajuan baik dalam hal jasmani terlebih lagi di bidang rohani. Ada banyak orang Kristen kegerja hanya untuk tidur atau melamun saat beribadah. Mereka tidak melihat, mendengar dan merasakan apa-apa lebih parah lagi adalah kita melakukan apapun demi kemajuan rohani pribadi dan gereja. Kita harus hidup di dalam Tuhan. Memperbaharui sikap dan pengharapan kita, meningkatkan kasih dan iman kita kepada Tuhan (Rm 13:11-12).
c.       Apakah kita mengalami kebingungan rohani ? (Maz 107:9). Ada orang yang bingung mencari sesuatu yang dapat mengisi batinnya yang kosong, sedangkan kita tahu bahwa hanya Tuhan Yesus yang sanggup memuaskan jiwa kita. (Rm 5:1). Ada orang tidak merasakan puas dan terus mencari segala sesuatu yang lebih berarti bagi hidupnya. Orang berusaha mencari harta kekayaan, kehormatan dan prestos agar menjadi pribadi yang berarti. Hanya Roh Kudus yang dapat membuat hidup kita lebih berarti. (Rm 15:13). kita tidak perlu bingung dengan keselamatan yang telah diberikan Tuhan Yesus melalui pengampunan (1Yoh 1:7,9), untuk hidup kita tidak perlu bingung karena Roh Kudus akan menuntun langkah hidup kita.
Serahkan diri kita kepada Tuhan Yesus Kristus, percayakan hidup kita kepada –Nya. Tuhanlah yang menciptakan kita dan Dia pula yang paling tahu apa yang menjadi persoalan yang kita hadapi. Tuhan ingin kita dapat mengalami pertumbuhan rohani secara normal dan sehat. Banyak orang Kristen yang jatuh dalam berbagai pencobaan karena sifat mereka yang keras kepala dan tidak menurut perintah untuk dilakukan. Sama seperti dokter yang memberikan resep obat kepada pasien yang sakit, asal telah ada obat dan diminum sesuai aturan maka dapat diharapkan pasien akan sembuh. Demikian pula dengan hidup kita dihadapan Tuhan selama kita mau taat melakukan apa yang diperintahkan-Nya maka segera kita mengalami kebaikkan didalam rohani.
Kita harus berserah kepada kehendak Tuhan seutuhnya, yaitu dengan jalan menyerahkan keinginan kita kepada – Nya, sehingga kita bisa memiliki motivasi hidup yang baik, bekerja dengan tekun dan menjadi saksi bagi Tuhan. (Yoh 15:5)

No comments:

Hidup Berpadanan Dengan Injil Kristus (2)

                            ( Filipi 1:27-30 ) Nasehat Supaya Tetap Berjuang Paulus sedang dalam penjara saat menulis surat kepada jem...